Jakarta (Antara Bali) - Wakil Presiden, Jusuf Kalla, sampai terbatuk-batuk agak parah saat memberikan sambutan dalam Dies Natalis ke-68 Himpunan Mahasiswa Islam, di Balai Pertemuan Jakarta.

"Saya sebenarnya memang sedang batuk. Tapi walaupun batuk dan acara HMI saya datang," kata Kalla, yang disambut tepuk tangan seribuan hadirin yang datang, di acara itu di Jakarta, Kamis.

Hadir dalam acara itu antara lain Ketua MPR, Zulkifli Hasan, Ketua DPD, Irman Gusman, tokoh HMI, Akbar Tanjung, serta sejumlah menteri Kabinet Kerja.

Sejak awal memberikan sambutan suara Kalla memang sudah terdengar tidak seperti biasa, karena memang agak batuk.

Kalla pernah harus dilarikan ke RS Abdi Waluyo, Jakarta, segera setelah debat calon presiden-wakil presiden, pada 26 Juni 2014.

Dia kini berusia 73 tahun dan sempat menjadi wakil presiden pada termin pertama pemerintahan Presiden Susilo Yudhoyono (2004-2009), sebelumnya menjadi menteri koordinator kesejahteraan rakyat pada masa pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri (2001-2004).

Di tengah sambutannya tiba-tiba Kalla batuk agak kencang sehingga harus menutup mulut.

Berhenti sebentar pidatonya ternyata batuknya tak kunjung berhenti. Lalu Kalla minum air putih di dalam gelas yang tersedia di kanan atas podium.

Batuknya pun berhenti sejenak dan dia melanjutkan pidatonya. Tapi belum lama melanjutkan pidatonya, Kalla kembali batuk-batuk lagi kembali mengambil air minum.

Di situlah Kalla mengakui dia memang sedang batuk.

Agenda Kalla yang belakangan ini sangat padat memang telah menguras tenaga dan kesehatan lelaki yang telah memasuki usia senja ini. Hari ini saja, di Kantor Wakil Presiden, dia menerima Duta Besar Turki untuk Indonesia, Zekeriya Akcam.

Setelah itu memimpin rapat sekitar tiga jam membahas kondisi pariwisata Indonesia dengan sejumlah menteri Kabinet Kerja. Selanjutnya Kalla menerima Menko Polhukam, Tedjo Purdijatno. (WDY)

Pewarta: Oleh Ahmad Wijaya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015