Denpasar (Antara Bali) - Gubernur Bali Made Mangku Pastika menegaskan bahwa tugas wartawan atau pers sejalan dengan program pemerintah pusat dan daerah dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Tugas pemerintah dan pers ini sangat sejalan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan mensejahterakan rakyat," ujar Made Mangku Pastika, usai menghadiri acara pelantikan pengurus PWI Cabang Bali, di Denpasar, Jumat.

Pihaknya meminta kepada seluruh pers yang ada di Bali bersama - sama dengan pemerintah memberikan informasi yang cerdas, mendidik dan berimbang kepada masyarakat di Pulau Dewata.

Apabila hal ini dilakukan secara berkelanjutan, maka masyarakat akan termotivasi mendorong upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat itu.

"Kalau berita yang disampaikan kepada masyarakat tidak mencerdaskan masyarakat akan menjadi masalah sehingga program pemerintah dalam mensejahterakan rakyat akan mengalami hambatan," ujarnya.

Oleh sebab itu, pihaknya mengharapkan kepada seluruh media yang ada di Bali agar ikut terlibat dalam memberikan informasi yang benar dan akurat kepada masyarakat dalam menyosialisasikan program pemerintah.

Ia menegaskan bahwa bukan berarti pemerintah Bali tidak ingin dikritisi. Namun, dengan memberikan informasi secara cerdas sehingga pengetahuan masyarakat akan semakin meningkat.

"Untuk itu, kami mengharapkan peran serta media dan pemerintah agar tetap sejalan," ujarnya.

Selain itu, pihaknya mendorong PWI Cabang Bali mendirikan sekolah jurnalistik di Pulau Dewata dan pemerintah siap membantu dalam pendanaannya.

"Pendidikan jurnaslistik bagi wartawan sangat baik, dan saya sangat mendukung program itu," ujarnya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Made Surya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015