Denpasar(Antara Bali) - Keindahan alam Pulau Dewata, ditambah keramahtamahan penduduk dan seni budaya yang memiliki kaitan dengan sejarah dan budaya Tiongkok wajar mampu meraih penghargaan destinasi terbaik selama ini.

"Masyarakat Bali bangga mampu meraih penghargaan `The Best Destination` dari C-Trip sebuah online marketing wisata paling berpengaruh di Tiongkok," kata Pengamat Pariwisata Bali, Tjokorda Gde Agung di Denpasar, Sabtu.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dalam keterangan persnya di Jakarta, mengatakan C-Trip setiap tahun menggelar event Top 10 Best Tourism Destination Network Selection and Award Ceremony.

"Pada acara pemberian penghargaan 2014, C-Trip memberikan dua penghargaan kepada Bali yakni sebagai Best Island Tourist Destination dan nomor 2 sebagai Best Overseas Tourism City. Kita harapkan penghargaan ini akan mendorong semakin banyak wisatawan mancanegara (wisman) khususnya dari Tiongkok ke Indonesia pada tahun ini dan mendatang," kata Arief Yahya.

Acara pemberian penghargaan berlangsung di Kota Lijiang, Provinsi Yunnan pada Senin (10/1) yang dihadiri sejumlah pejabat pemerintah RRT, pelaku bisnis pariwisata, serta media.

Gde Agung mengharapkan dengan penghargaan tersebut mampu mempengaruhi minat masyarakat Tiongkok lebih banyak berkunjung melakukan perjalanan wisata ke Pulau Dewata supaya mendapatkan ketenangan dan kenyamanan.

Turis Tiongkok dapat dipastikan akan lebih banyak lagi datang ke Bali, mengingat pemerintah Indonesia memberikan kemudahan terutama dalam program bebas visa bagi masyarakat Tiongkok ke Indonesia bersama empat negara lainnya.

Selain itu Garuda Indonesia perusahaan penerbangan nasional negeri ini memusatkan perhatiannya terhadap lintasan penerbangan Tiongkok-Denpasar,Bali pergi pulang mulai bulan ini sehingga mempermudah merealisasikan niat turis Tiongkok ke Bali.

Adanya penerbangan langsung dari Tiongkok ke Bali pergi pulang, ditambah adanya bebas visa serta gampangnya mendapatkan informasi tentang tujuan wisata Pulau Dewata dapat dipastikan akan menambah lebih banyak wisman ke daerah ini..

Turis asal Tiongkok yang berlibur ke Bali saat ini saja persentasenya peningkatannya paling tinggi dari pada pelancong mancanegara lainnya ke Bali, tambah Tjok Gde Agung sambil menunjukkan data resmi kedatangan turis asing ke daerah ini.

Sesuai catatan Dinas Pariwisata Bali menyebutkan bahwa persentase peningkatan turis Tiongkok ke Bali tertinggi yakni mencapai 49,25 persen yakni dari 361.311 orang menjadi 539.252 orang selama Januari November 2014.

Kehadiran wisatawan asing asal Tiongkok tersebut memiliki andil 15,77 persen dari seluruh turis asing ke Pulau Dewata periode sebelas bulan I-2014 sebanyak 3,4 juta orang, atau menempati peringkat kedua setelah Australia 893.873 orang. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015