Jakarta (Antara Bli) - Republik India melalui Duta Besarnya untuk ASEAN menyerahkan surat kepercayaan kepada ASEAN yang diterima oleh Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh dalam sebuah seremoni yang diadakan di Sekretariat ASEAN.

"Dalam acara tersebut Duta besar Reddy menyampaikan salam dari Menteri Urusan Luar Negeri India Sushma Swaraj kepada Sekjen ASEAN dan dibalas dengan hangat oleh Luong Minh," tulis siaran pers ASEAN yang diterima Antara, Jumat.

Selain itu Le Luong Minh juga menerima dengan hangat undangan Menteri Urusan Luar Negeri India untuk menghandiri Dialog Delhi, 11-12 Maret 2015.

Sekjen Minh mengatakan bahwa India adalah salah satu shabat dialog yang paling penting dan bernilai. Selain itu Minh juga menyampaikan apresiasi khusus untuk India atas partisipasinya dalam mendukung negara-negara anggota ASEAN dalam membangun tiga pilar.

Ketiga pilar tersebut adalah politik-keamanan, ekonomi dan sosial budaya, melalui kerja sama kolaboratif berdampak luas dalam proyek lintas sektor seperti pertanian, lingkungan teknologi, luar angkasa, wisata, dan lain-lain.

Minh juga meminta India meningkatkan perannya dalam proses Konferensi Tingkat Tinggi Asia Timur dan mekanisme dialog yang dipimpin oleh ASEAN. Dia menekankan perlunya peningkatan konektivitas dan pengambilan keputusan yang lebih awal dalam Perjanjian Kemitraan Ekonomi Regional yang Komprehensif (RCEP).

Dubes Reddy pun mengungkapkan komitmen tulus dalam hubungan India dengan ASEAN. Dia menjelaskan misinya untuk memastikan pelaksanaan yang efektif dari mandat langsung para pemimpin India dan negara-negara ASEAN yang tertuang dalam dokumen visi.

Dokumen tersebut adalah hasil dari "Commemorative Summit" yang diadakan pada tahun 2012 di New Delhi, di mana hubungan tersebut ditingkatkan menjadi hubungan strategis.

Reddy dan Minh juga setuju untuk bekerja sama lebih erat dengan negara-negara anggota ASEAN untuk tujuan, berorientasi kepada aksi dan menyusun Rencana Aksi untuk periode 2016-2021, yang akan dibahas dalam Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN-India ke 13 di Malaysia di akhir tahun ini.

Suresh K. Reddy adalah duta besar pertama yang memimpin Misi India untuk ASEAN di Jakarta. Sebelumnya dia bertugas dalam Misi india di Islamabad, Abu Dhabi, Muscat dan Cairo.

Selain itu dia juga mendirikan dan mengetuai Divisi ASEAN di Kementerian Urusan Luar Negeri, New Delhi selama tahun 2010-2011. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015