Denpasar (Antara Bali) - Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Provinsi Bali yang baru terbentuk tahun 2014 terus menggiatkan diri melakukan pembinaan dan pengembangan, dengan harapan mampu membuahkan hasil yang cukup signifikan.

"Atlet Bali mampu meraih prestasi pada The 4th PDPDE Cup 2015 yang mempertandingkan nomor beregu (single, doble dan triple) di Jakabaring, Palembang 5-7 Desember 2014," kata Ketua Umum Pengprov FOPI Provinsi Bali, I Nyoman Yamadhiputra di Denpasar, Senin.

Tim Bali kala itu, diperkuat atlet terbaiknya yakni I Made Yoga Astawa, Ni Komang Ayu Triana Dewi, Gusti Bagus Maha Aryasa, Luh Abdi Julia Lestari dan I Gd Putu Agus Hendrayana, mampu membabat lawan-lawannya sehingga meraih Juara I Grup Nation.

Yamadhiputra menjelaskan, diakhir tahun 2014, Pengprov FOPI Bali aktif ambil bagian sebagai panitia sekaligus peserta dalam Beach Petanque Competition 2014, salah satu kegiatan pada Bali International Sports Week, Oktober 2014 di Nusa Dua.

Dalam kegiatan tersebut Club Petanque Undiksha Singaraja yang diperkuat Ni Komang Ayu Triana Dewi, Luh Abdi Julia Lestari dan Gusti Ayu Marlestari keluar sebagai Juara I Grup Nation. Jadi cabang ini walau di Bali baru muncul setahun sudah mampu mengukir prestasi.

Ia mengatakan, club olahraga ini dinilai aktif menggelar kejuaraan, seperti misalnya pada 11-12 Desember 2014 Club Petanque Dwijendra menggelar Dwijendra Petanque Competition serangkaian HUT ke-62 Yayasan Dwijendra Denpasar.

Sementara awal tahun 2015, Club Petanque Undiksha Singaraja menggelar New Year Petanque Competition 2015, di Lapangan Taman Kota Singaraja, diikuti 17 tim se-Bali yang mempertandingkan nomor doble dan triple.

Yamadiputra menambahkan, pihaknya akan memperbanyak kegiatan dari cabang ini tahun 2015, dalam upaya memberikan kesempatan kepada semua terus mengasah diri dengan menyediakan sarana dan prasarana serta kesempatan untuk berkompetisi.

Hal itu penting dilaksanakan, mengingat banyaknya kegiatan yang dimiliki oleh Petanque dan harus bisa diikutinya mulai dari kejuaraan open tournament se-Bali, Kejurnas Pelajar dan Mahasiswa, ASEAN Petanque and Junior Championship.

Bali memperbanyak kegiatan ini secara berkelanjutnya untuk mencetak atlet yang dipersiapkan untuk maju ke nasional maupun internasional seperti pada ASEAN University Games, ASEAN Beach Games dan Sea Games. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015