Miami (Antara Bali/AFP) – Delapan planet baru ditemukan mengorbit bintang mereka di “zona Goldilocks,” zona yang memiliki air yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin serta diperkirakan adanya kehidupan di sana, menurut para ahli astronomi, Selasa.

Penemuan tersebut dua kali lipat dari jumlah planet yang diketahui memiliki ukuran yang hampir sama dengan Bumi dan diyakini berada di zona perbintangan layak huni tempat planet-planet tersebut mengorbit.

Dua dari delapan planet itu merupakan planet-planet yang paling mirip dengan Bumi dan ditemukan jauh di luar tata surya kita, kata para astronom di pertemuan American Astronomical Society ke-225 di Seattle, Washington.

“Sebagian besar dari planet-planet ini berpotensi memiliki bebatuan, seperti Bumi,” kata penulisnya, Guillermo Torres, dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics.

Dunia itu ditemukan dengan bantuan misi Kepler NASA.

Tapi karena planet-planet tersebut terlalu kecil untuk dikonfirmasi dengan mengukur massa mereka, ilmuwan menggunakan program komputer yang disebut BLENDER untuk menentukan bahwa mereka mungkin secara statistik merupakan planet, menurut pernyataan badan tersebut.

Program yang sama telah “digunakan sebelumnya untuk memvalidasi beberapa temuan Kepler paling ikonik, meliputi dua planet pertama yang seukuran dengan Bumi di sekitar bintang yang mirip seperti Matahari dan eksoplanet pertama yang lebih kecil dari Merkurius,” ujarnya.(WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2015