Nusa Penida (Antara Bali) - Kapal Roro Nusa Jaya Abadi yang melayani jalur pelayaran Padangbai-Nusa Penida, sebuah pulau yang terpisah dengan daratan Bali mulai beroperasi setelah menjalani perbaikan dan perawatan sebulan lebih di Surabaya.

"Kapal itu kini sudah nyandar di Pelabuhan Nusa Penida setelah datang dari Galangan kapal di Surabaya," kata Kepala unit pelaksana teknis (UPT) Penyeberangan Nusa Penida I Dewa Gede Agus Swarma Hendra, S.sos, Senin.

Hal itu sesuai janji Dishubminfo Klungkung untuk mendatangkan Kapal Roro Nusa Jaya Abadi sebelum Hari Raya Kuningan rangkaian Hari Raya Galungan.

Agus menjelaskan, kedatangan kapal Roro memberi angin segar bagi warga Nusa Penida, sudah sebulan tidak beroperasi.

Salah satu dermaga di Pelabuhan Padangbai, Bali timur mengalami kerusakan mengakibatkan truk yang akan ke Nusa Penida antri.

"Penumpang masih sepi, namun truk yang diangkut ramai, daya angkut tetap sesuai dengan ketentuan, bahkan terjadi kelebihan truk, sehingga beberapa truk harus diturunkan lagi," katanya.

Sesuai dengan Pergub Bali 10 Maret 2014, harga tiket tetap sesuai dengan pergub walaupun harga bahan bakar minyak (BBM) naik.

Sementara Kabid Angkutan Dishubminfo Klungkung I Dewa Gede Sutarta saat dikomfirmasi mengakui, keterlambatan kedatangan Kapal Roro dari docking, namun sekarang sudah beroperasi seperti biasa.

Kehadiran kapal tersebut siap melayani masyarakat Nusa Penida yang menggunakan jasa Kapal Roro. Persiapan hari Raya Kuningan, tetap melayani sesuai kapasitas yang ditentukan baik penumpang maupun barang. (WDY)

Pewarta: Oleh Dewa Santana

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014