Caracas (Antara Bali/AFP) - Sanksi baru yang lebih ketat dari Amerika Serikat terhadap Venezuela bertujuan untuk memicu kerusuhan dalam upaya menggulingkan Presiden Nicolas Maduro, kata menteri pertahanan Venezuela, Sabtu.

“Campur tangan AS ini bertujuan untuk mendorong kekerasan... terhadap lembaga-lembaga kami” dalam upaya menggulingkan kritikus AS, Maduro, kata Menteri Pertahanan Vladimir Padrino kepada televisi Telesur.

Presiden AS Barack Obama pada Kamis menandatangani undang-undang untuk memberlakukan sanksi kepada para pejabat senior Venezuela yang dituduh melanggar hak-hak demonstran selama demonstrasi antipemerintah yang mengguncang negara itu awal tahun ini.

Teks yang telah disetujui lebih dari sepekan yang lalu oleh dua majelis Kongres AS akan membekukan aset dan menolak visa para pejabat Venezuela yang bertanggung jawab atas kekerasan dan penahanan politik yang dipicu oleh aksi protes tersebut.

Ribuan aktivis ditangkap dan lebih dari 43 orang tewas dalam demonstrasi massa dari Februari sampai Mei untuk menentang pemerintah Maduro, penerus mendiang presiden sayap kiri Hugo Chavez.

Maduro berulang kali menuduh AS mengobarkan protes dan berusaha menggulingkan dan bahkan membunuhnya.(WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014