Nusa Penida (Antara Bali) - Kapal Roro Nusa Jaya Abadi yang melayani jalur pelayaran Padangbai-Nusa Penida, sebuah pulau yang terpisah dengan daratan Bali hingga kini belum beroperasi melayani jalur tersebut akibat menjalani perbaikan dan perawatan di Surabaya, Jawa Timur sejak 1 November 2014.

"Padahal kapal milik Pemkab Klungkung itu santu-satu andalan masyarakat untuk angkutan penumpang dan barang, khususnya terkait Hari Raya Galungan dan Kuningan," kata salah seorang warga setempat I Dewa Made Suarjana , Minggu.

Ia mengatakan, berbagai permasalahan silih berganti mengantui kapal roro tersebut, padahal rencananya sudah beroperasi kembali beberapa hari sebelah Hari Raya Galungan.

Warga setempat sangat kecewa sampai saat ini kapal tidak jelas kapan akan beroperasi lagi. Jangankan docking , dermaga saja rusak di Padangabai krodit tidak bisa dihindari.

Perekonomian Nusa Penida sangat berpengaruh tidak beroperasinya kapal Roro tersebut.

Hal senada juga diungkapkan warga lainnya I Made Martawan bahwa, kapal roro salah satu tumpuan masyarakat.

Dari awal kapal roro beroperasi, setiap docking tidak ada kejelasan prosesnya, padahal perawatan itu hanya membutuhkan waktu sebulan.

Ketua Forum Perbekel Nusa Penida I Nyoman Murta mengharapkan agar secepatnya Kapal Roro beroperasi kembali melayani masyarakat Nusa Penida, paling tidak awal Januari 2015.

"Harus digenjot, selama prsoses docking semua kebutuhan pokok sudah naik. Setidaknya H-3 Hari Raya Kuningan harus beroperasi , karena lonjakan kebutuhan pokok maupun mudik tinggi," ujarnya.

Kapal Roro Nusa Jaya Abadi dijadwalkan Senin, (15/12) berlayar dari galangan kapal di Surabaya menuju pelabuhan Padangbai, yang seharusnya sudah beroperasi, ternyata hingga sekarang belum. (WDY)

Pewarta: Oleh Dewa Santana

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014