Denpasar (Antara Bali) - Anggota DPRD Bali Kadek Nuartana mengusulkan kepada pemerintah untuk membangun jalan pintas (shotcut) Denpasar menuju Karangasem dan Buleleng dalam upaya memperlancar arus lalu lintas.

"Saya mengusulkan kepada pemerintah pusat melalui Pemerintah Provinsi Bali agar dibangun jalan pintas dalam upaya memperlancar lalu lintas, sehingga aktivitas masyarakat lebih cepat," katanya, saat rapat bersama jajaran Dinas Perhubungan dan Bappeda Bali di Denpasar, Selasa.

Ia mengatakan jalan pintas tersebut sangat penting, mengingat untuk menempuh jarak ke Kabupaten Karangasem dan Buleleng dari Kota Denpasar memerlukan waktu cukup lama, sebab banyak tanjakan dan tikungan.

"Jika bisa dibangun jalan pintas tersebut maka waktu tempuh ke Kabupaten Karangasem dan Buleleng akan bisa lebih cepat. Disamping itu pada musim hujan seperti sekarang, jalan yang banyak tingkungan dan tanjakan sangat rawan longsor," ucap Nuartana yang juga anggota Komisi III DPRD Bali.

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah agar melakukan kajian dan studi kelayakan terlebih dahulu, sehingga dalam kurun waktu dua hingga tiga tahun sudah bisa dibangun.

"Kalau bisa dipercepat untuk pembangunan jalan raya pintas itu tentu akan lebih baik. Kelancaran lalu lintas menjadi sangat vital dalam memajukan perekonomian masyarakat, terlebih Bali adalah menjadi tujuan wisatawan internasional," ujar politikus asal Karangasem ini.

Sementara Kepala Bidang Prasarana Wilayah Bappeda Provinsi Bali Ni Putu Naning mengatakan saat ini pihaknya sudah mengusulkan dana untuk kajian dan studi kelayakan terkait pembangunan jalan pintas.

"Kami sudah mengusulkan dana untuk kepentingan kajian dan studi kelayakan beberapa perencanaan pembangunan jalan pintas tersebut," katanya.

Menurut dia, rencana jalan pintas yang diusulkan ke pusat tidak saja menuju Kabupaten Buleleng tetapi jalan raya yang dianggap rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

"Pemerintah Bali sudah mengusulkan ke pusat agar sejumlah ruas jalan yang rawan macet dan kecelakaan, seperti di sepanjang Denpasar menuju Gilimanuk, Buleleng dan Karangasem," katanya(MFD)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : Mayolus Fajar Dwiyanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014