New York (Antara Bali) - One Direction berhasil menggeser Taylor Swift untuk mengambil alih posisi teratas daftar penjualan album di Amerika Serikat, namun debut boy band asal Inggris tersebut tidak sespektakuler Swift, menurut data yang dirilis pada Rabu.

Album keempat 1D berjudul ‘Four’ terjual 387 ribu kopi di Amerika Serikat pada pekan lalu sehingga berhasil mengambil alih posisi album baru Taylor Swift ‘1989’ yang selama tiga pekan bertengger di puncak daftar album Billboard 200, menurut laporan Nielsen SoundScan.

Namun, penjualan ‘Four’ pada pekan perdana jauh lebih rendah ketimbang ‘1989’ yang terjual hampir 1,3 juta kopi pada pekan perdananya setelah dirilis pada 27 Oktober.

Penjualan album Swift melebihi perkiraan, dan lebih tinggi ketimbang album-album debutan lainnya setelah album Eminem ‘The Eminem Show’ pada 2002, ketika penjualan total industri musik jauh lebih tinggi.

Swift memicu kegemparan dengan menarik albumnya dari layanan streaming Spotify, yang dituding tidak memberikan kompensasi yang cukup, namun album One Direction masih dapat dinikmati di situs tersebut.

Mulai pekan depan, Billboard 200 akan mempertimbangkan streaming musik dalam menentukan daftar album.(MFD)

Pewarta:

Editor : Mayolus Fajar Dwiyanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014