Tabanan (Antara Bali) - Sebanyak 81 industri kerajinan masyarakat (IKM), dan usaha kecil menengah (UKM) di Kabupaten Tabanan, Bali ikut ambil bagian dalam pameran industri kreatif memeriahkan HUT ke 521 Kota Tabanan.

"Keikut sertaan IKM dan UKM dalam pameran kali ini meningkat hingga 100 persen dibanding tahun sebelumnya yang tercatat 45 saung (stand)," kata Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Tabanan, Anak Agung Gede Dalem Tresna Ngurah, Kamis.

Hal itu menunjukan besarnya minat masyarakat dan pengusaha di daerah "Gudang beras" untuk menampilkan produk hasil kerajinan yang berlangsung selama lima hari.

Wakil Bupati Tabanan Komang Gede Sanjaya ketika membuka pameran tersebut memberikan apresiasi terhadap peranserta IKM dan UKM dalam memeriahkan hari jadi Kota Tabanan.

Pameran kali ini juga melibatkan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang menampilkan berbagai hasil pembangunan sesuai bidang yang ditanganinya serta 12 saung untuk kelompok anak-anak muda yang kreatif.

"Pameran selain melakukan transaksi sekaligus juga berfungsi sebagai sarana rekreasi untuk keluarga.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti bersama sejumlah pimpinan SKPD melihat dari dekat kegiatan serta menikmati antap siang.

Ia juga memberikan apresiasi terhadap masyarakat pengunjung yang setiap hari ramai ke arena pameran tersebut.

Menurut Bupati Eka, tingginya animo masyarakat, menandakan jika pameran itu memiliki azas manfaat bagi semua kalangan. Tidak hanya masyarakat, namun juga pengusaha dan para pengrajin.

"Dari pelaksanaan pameran, akan terjadi pertemuan antara pengusaha dengan pelaku UKM dan IKM sehingga transaksi itu mampu meningkatkan perekonomian Kabupaten Tabanan," ujarnya. (MFD)

Pewarta:

Editor : Mayolus Fajar Dwiyanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014