Denpasar (Antara Bali) - Provinsi Sumatera Barat melakukan promosi pariwisata melalui Bali, yang diselenggarakan di Pantai Legian, Kuta, Kabupaten Badung, selama empat hari hingga Minggu (16/11).

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Kuta, Bali, Kamis (13/11) malam mengatakan kegiatan bertema "West Sumatera Expo" itu sudah digelar sebanyak empat kali sejak tahun 2011.

"Ajang ini adalah kegiatan tahunan. Tiga kali secara berturut-turut diselenggarakan di DKI Jakarta dan kali ini kami memilih di Kuta, Bali," katanya.

Ia mengatakan alasan memilih Bali, karena daerah ini adalah pintu gerbang wisatawan asing masuk ke Indonesia. Oleh sebab itu pihaknya ingin mempromosikan keindahan alam dan budaya Sumatera Barat melalui Pulau Dewata.

"Sumatera Barat memiliki beragam tujuan wisata yang tidak kalah menariknya dengan provinsi-provinsi lainnya di Tanah Air. Mulai dari wisata seni dan budaya maupun wisata alam yang eksotik," ucapnya.

Irwan mengatakan masyarakat Sumatera Barat terkenal jiwa dagang, memiliki beragam kekayaan alam dan budayanya yang dapat dijadikan tujuan wisata, seperti Kepulauan Mantawai memiliki laut dengan ombak yang bagus, menjadikan Mentawai terkenal sebagai lokasi surving terbaik nomor dua di dunia.

Begitu juga keindahan danau yang ada di Provinsi Sumatera Barat dapat dinikmati dengan melakukan terbang paralayang, situs-situs sejarah peninggalan zaman kolonial Belanda dan Jepang, serta wisata kuliner khas Minang.

"Jadi wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat bisa menikmati keindahan alam dan beragam kuliner, seperti rendang, sate padang, dendeng balado dan lainnya," ucapnya.

Gubernur Irwan lebih lanjut mengatakan pihaknya ingin menyasar wisatawan asing sebanyak-banyaknya, karena kunjungan wisatawan ke Bali paling banyak adalah wisatawan Australia.

"Kami juga ingin menyasar wisatawan Australia, karena turis negeri Kangguru ini kita ketahui senang berwisata alam dan menikmati panorama laut. Mereka sangat cocok berkunjung ke Pulau Mentawai," katanya.

Ditanya kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat, Irwan menjelaskan kunjungan turis mancanegara pada tahun 2013 tercatat sekitar 40.000 orang dan wisatawan nusantara sebanyak 2,5 juta orang.

"Kami optimistis melalaui kegiatan ini, ke depan kunjungan wisatawan asing dan nusantara akan terus meningkat seiring dukungan fasilitas lebih memadai, mulai dari infrastruktur jalan, transportasi, restoran dan hotel," ujarnya.

Irwan menambahkan untuk tahun depan kegiatan "West Sumatera Expo" berencana akan diselenggarakan di Singapura, karena negara tersebut sangat eksis dalam perdagangan dunia dan kunjungan wisatawan ke sana sangat tinggi setiap tahunnya.

"Kami berencana tahun depan melakukan promosi ke Singapura, sudah tentu kami melibatkan kabupaten yang memiliki objek wisata potensial," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014