Nusda Penida (Antara Bali) - Perbaikan dan perawatan kapal Roro Nusa Jaya Abadi yang melayani jalur pelayaran Padangbai-Nusa Penida, sebuah pulau yang terpisah dengan daratan Bali akan dilaksanakan sebulan mulai, 21 November 2014.

Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan dan Informasi (Dishubminfo) Kabupaten Klungkung I Dewa Gede Sutarta, Kamis mengatakan, perawatan tersebut setelah sejak lama tertunda.

Ia mengatakan, perawatan kapal Roro satu-satunya di jalur tersebut sebelumnya tiga kali sempat tertunda akibat berbagai masalah, namun yang keempat itu baru menemui titik terang.

Perawatan pertama tender dijadwalkan 1 September 2014, tender II 15 September 2014 tender III 25 Oktober 2014, dan tender ke IV baru ada kepastian.

Dewa Gede Sutarta menjelaskan, kapal Roro tersebut akan diberangkatkan ke Surabaya, Jawa Timur 14 November 2014.

Perbaikan dan perawatan tersebut akan selesai pertengahan Desember 2014 dan proses perbaikannya dipercepat mengingat Hari Raya Galungan pada pertengahan Desember itu merupakan puncak arus balik.

Untuk itu Kapal milik Pemerintah Kabupaten Klungkung itu diharapkan sudah beroperasi seperti semula pada pertengahan Desember 2014 atau H-2 arus balik Hari Raya Galungan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penyeberangan Nusa Penida I Dewa Gede Agus Swama Hendra, S.sos menambahkan, selama kapal Roro Nusa Jaya Abadi dalam proses perawatan masyarakat di jalur tersebut dapat menggunakan transportasi laut berupa perahu motor milik para nelayan setempat. (WDY)

Pewarta: Oleh Dewa Santana

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014