Jakarta (Antara Bali) - Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan kehormatan Presiden Rwanda Paul Kagame untuk membicarakan upaya peningkatan hubungan bilateral kedua negara.

Kunjungan itu juga dimaksudkan untuk tukar menukar pengalaman dalam menyelesaikan persoalan dalam negeri masing-masing negara, kata Jusuf Kalla kepada pers usai bertemu dengan presiden Rwanda di Kantor Wapres Jakarta, Jumat.

"Rwanda itu terkenal karena konflik tapi bisa menyelesaikan dengan baik. Kita juga bisa belajar bagaimana menyelesaikan konflik dan membuat kemajuan setelah penyelesaian konflik," katanya.

Menurut Wapres, melihat kemampuan Rwanda yang baik tersebut, Indonesia akan membuat hubungan lebih baik dengan negara dari Afrika Timur tersebut.

Paul Kagame mengatakan kunjungan ke Indonesia adalah yang pertama kali dan tujuannya untuk mencari peluang kerjasama berbagai bidang.

Dikatakan Rwanda sebenarnya sudah melakukan sejumlah kerjasama dengan Indonesia diberbagai bidang terutama perdagangan dan investasi.

"Tapi kita juga sedang berupaya untuk meningkatkan kerja sama bidang lain seperti pertukaran pendidikan dan kebudayaan," kata Paul Kagame.(MFD)

Pewarta: Oleh Ahmad Wijaya

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014