Mangupura (Antara Bali) - Wakil Bupati Badung, I Made Sudiana, membuka kejuaraan Tarung Derajat antar-satuan latihan (Satlat) se-Kabupaten Badung "Mangupura Cup" 2014 di Gedung Olahraga Mengwi, Bali, Sabtu.

"Pemkab Badung sangat mendukung dan menyambut baik penyelenggaraan kejuaraan Tarung Derajat antar Satlat se-Badung dalam serangkaian Hari Ulang Tahun Mangupura kelima ini, kejuaraan ini sebagai bagian dari upaya pembinaan atlet secara teknik maupun pembinaan mental," katanya di sela-sela pembukaan kejuaraan itu.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Pengprov Kodrat Bali Kompyang R Swandika, Ketua Dewan Pelatih Bali I Ketut Wisna dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Menurut Made Sudiana, para atlet tarung derajat sudah sering melakukan latihan, sekaranglah saatnya menunjukkan kemampuannya. "Menunjukkan prestasinya sehingga dapat mengharumkan nama Badung dalam kancah nasional maupun internasional," ujarnya.

Cabang olahraga tarung derajat telah menunjukkan prestasinya yang gemilang saat Porprov Tahun 2013 di Denpasar sehingga para atlet Tarung Derajat tidak boleh lengah, teruslah berlatih dengan disiplin, kerja keras dan jangan cepat berpuas diri dengan apa yang telah dicapai saat ini, karena daerah lain tentu juga telah mempersiapkan atletnya.

"Saya percaya pembina dan pelatih sudah mempersiapkan kaderisasi atlet-atletnya melalui program latihan serta sikap mental yang tinggi sehingga atletnya dapat mempertahankan prestasi tertingginya," ujarnya.

Ketua Umum Pengprov Kodrat Bali, Kompyang R Swandika, memberikan apresiasi kepada Kodrat Badung yang sudah mengadakan kejuaraan tersebut dapat menghasilkan bibit-bibit petarung yang berprestasi di Badung.

"Saya harapkan melalui kejuaraan antar satlat ini membangkitkan sumber daya manusia yang sehat, cerdas, dan tangguh sehingga lahir petarung-petarung yang berprestasi yang mengharumkan nama Bali," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia kejuaraan Tarung Derajat, I Made Sudiada Andreas mengatakan, tujuan dari kejuaran ini adalah menyiapkan atlet tarung derajat yang memiliki karakter yang teguh, mandiri, sportif, dan memiliki daya juang yang tinggi.

"Kegiatan ini juga merupakan suatu langkah konkret Badung untuk meningkatkan prestasi dan prestise atlet Tarung Derajat Badung serta sebagai sarana seleksi dan evaluasi dari program latihan yang sudah dilaksanakan dan sebagai kaderisasi atlet untuk diterjunkan dalam kejuarann di bulan Desember dan persiapan Porprov dan PON 2016," ujarnya.

Kejuaraan Tarung Derajat antar-Satlat se-Badung "Mangupura Cup" Tahun 2014 berlangsung selama tiga hari dari tanggal 17-19 Oktober 2014 dengan jumlah atlet 96 petarung dari 13 satlat se-Badung.

Dalam kejuaraan tersebut dimeriahkan dengan kedatangan tim tarung derajat Kabupaten Balik Papan dari Kalimantan Timur. (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014