Denpasar (Antara Bali) - Kementerian Kesehatan memberikan kepercayaan kepada Pemerintah Kota Denpasar, Bali menjadi tuan rumah pelaksanaan "Indonesia Healthy City Conference & Expo (IHCCE)" yang di Sanur, 21-22 Oktober 2014.

"Kegiatan tersebut melibatkan sedikitnya 500 peserta. Sebelumnya kegiatan ajang pameran produk dan teknologi pembangunan kota sehat di Indonesia ini dilaksanakan di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan pada tahun 2012," kata Kepala Dinas Kota Kesehatan Denpasar dr Luh Putu Sri Armini di Denpasar, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan "Indonesia Healthy City Conference & Expo" tahun ini mengangkat tema "Developing Healthy Cities for Better Life".

Dikatakan "Indonesia Healthy City Conference & Expo" merupakan konferensi dan pameran yang diselenggarakan untuk menciptakan gagasan baru tentang upaya membangun kota sehat di Indonesia.

Di samping itu juga mensosialisasikan program dan kebersihan pemerintah daerah dalam membangun kota sehat serta memamerkan produk, teknologi dan jasa yang diperlukan dalam mewujudkan kota sehat.

"Kegiatan ini untuk mewujudkan kota sehat sesuai harapan dan program pemerintah pusat yakni, membangun secara bersama-sama pemerintah kabupaten dan kota di seluruh Indonesia," katanya didampingi Kabid Bina Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Tri Indarti.

Armini lebih lanjut mengatakan ajang ini bertujuan menciptakan ide-ide dan terobosan baru bagi percepatan pembangunan kota-kota sehat di Indonesia, dengan meningkatkan peran serta pemerintah, masyarakat dan pihak-pihak terkait dalam mewujudkan kota sehat.

Tri Indarti menjelaskan sasaran dalam kegiatan ini adalah terwujudnya sembilan tatanan kota dan kabupaten sehat.

Yakni kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pertambangan, kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri serta kehidupan yang sehat. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014