Washington (Antara Bali/AFP) - Robot pesawat ruang angkasa misterius milik militer Amerika Serikat (AS) diperkirakan mendarat pekan ini setelah 22 bulan mengorbit, kata beberapa pejabat pada Selasa, tapi misi pesawat tersebut hingga saat ini masih dirahasiakan.

X-37B tak berawak -- bentuknya mirip miniatur pesawat luar angkasa -- akan kembali ke Bumi setelah diluncurkan pada 11 Desember 2012 untuk melangsungkan misi yang menurut perwira militer sangat rahasia.

“Persiapan pendaratan X-37B ketiga sedang berlangsung di Vandenberg Air Force Base” di California, kata seorang juru bicara Angkatan Udara AS, Kapten Chris Hoyler.

“Tanggal pendaratan pasti dan waktunya tergantung pada kondisi teknis dan cuaca,” ungkap Hoyler.

Seorang pejabat dari Kementerian Pertahanan menginformasikan pesawat luar angkasa itu kemungkinan akan mendarat pekan ini dan bahwa misi mendatang akan berusaha memperluas kemampuan teknis dan waktu wahana itu di orbit.

Namun pejabat itu, yang tidak ingin disebutkan namanya, menolak angkat suara ketika ditanyakan misi apa yang dilakukan pesawat tersebut dan tujuannya. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014