Mangupura (Antara Bali) - Pemerintah Kabupaten Badung, Bali, memperingati Hari Ulang Tahun ke-5 Kota Mangupura yang jatuh pada 16 November 2014 diperingati dengan berbagai kegiatan sosial.

"Salah satu kegiatan yang akan digelar yakni Program Bedah Kampung melalui pelayanan terpadu dan gerakan masyarakat peduli sejahtera (Pandu Gempita)," kata Kepala Sub-Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Badung, Anak Agung Gede Raka Yuda di Mangupua, Selasa.

Menurut dia, Program Pandu Gempita oleh Dinsosnaker dilaksanakan di Kecamatan Abiansemal yang meliputi penyerahan bantuan peningkatan kualitas rumah sehat dan Usaha Ekonomi Produktif (UEF) bagi 12 rumah tangga miskin dan bantuan unit pelayanan keliling (kursi roda, tongkat ketiak, alat bantu dengar kepada 50 penyandang cacat).

Selain itu, juga diserahkan bantuan material dalam rangka padat karya pembuatan jalan infrastruktur (jalan setapak sepanjang 1 km di Banjar Juwet, Abiansemal, bantuan sembako bagi veteran serta bantuan beras kepada 130 rumah tangga miskin yag akan dilaksanakan mulai 1 Oktober--16 November 2014.

Dalam peringatan HUT Kota Mangupura juga digelar pelayanan kesehatan keluarga yakni pemeriksaan mata dan pemberian kaca mata gratis kerja sama dengan Yayasan Kemanusiaan Indonesia di Abiansemal, program kesehatan reproduksi melalui pelayanan papsmear di seluruh Kecamatan di Badung.

Disdikpora Kabupaten Badung menggelar Invitasi Bola Voli tingkat SMP, SMA/SMK se-Badung di Lapangan Indor Lumintang serta lomba Karya Ilmiah Remaja. Disnakkanlut menggelar lomba memancing di laut pada (12/10) di depan Pura Segara Kuta, lomba foto dengan tema kelautan dan perikanan di wilayah Badung.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penyerahan bibit sapi kepada kelompok tani ternak bertempat di Desa Sobangan Mengwi. Badan Kepegawaian Daerah Badung menggelar ceramah keagamaan yang pesertanya pejabat eselon II-V serta Kepala Sekolah pada Jumat (31/10) dan (7/11).

Dinas Pariwisata telah melaksanakan program pengembangan pamasaran pariwisata dengan kegiatan lomba foto obyek wisata di badung. Dinas Kebudayaan akan menggelar Festival Seni Budaya Badung ke-8 di jaba Pura Lingga Bhuwana Puspem Badung dan juga dilombakan lomba nyastra.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Kabupaten Badung akan menggelar pemeriksaan kesehatan yang meliputi pemeriksaan asam urat, kolesterol, gula darah dan golongan darah secara serentak di semua UPT Puskesmas di badung pada awal Nopember 2014.

Jumlah masyarakat yang memeriksakan diri diharapkan mencapai 5000 orang. "Ada pula pengendalian penyakit tidak menular seperti deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks dengan metode IVA dilanjutkan kryoterapy sebagai pemeriksaan lanjutan," ujarnya.

Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kabupaten Badung akan menggelar Festival Flora Flori di areal parkir Timur Puspem Badung pada (12-19 Oktober 2014). Kantor Pemberdayaan Perempuan menggelar Forum Anak Daerah di Pura Lingga Bhuwana pada bulan November 2014.

Sedangkan RSUD Badung menggelar pemeriksaan sekrening katarak, operasi katarak dan perawatan lanjutan di RSUD Badung dan UPT Puskesmas di masing-masing Kecamatan. Selain Instansi tersebut diatas masing-masing Kecamatan di Badung juga menggelar kegiatan Pesta Rakyat yang sudah dimulai di Kecamatan Kuta Selatan pada 2 Oktober hingga 3 Oktober, Kecamatan Kuta pada Minggu 11 dan 12 Oktober, Kecamatan Petang pada 17 dan 18 Oktober, Kecamatan Kuta Utara pada 19 dan 20 Oktober, Kecamatan Abiansemal 25 dan 26 Oktober dan Kecamatan Mengwi dimulai pada 1 hingga 2 november 2014.

Raka Yuda menambahkan, selain berbagai kegiatan tersebut, Pemkab Badung juga melaksanakan Upacara Bendera Peringatan HUT ke-5 Kota Mangupura pada (16/11) di lapangan Mangupraja Mandala, Puspem Badung serta dilanjutkan acara syukuran yang dikaitkan dengan penutupan Festival Seni Budaya Badung di jaba Pura Lingga Bhuwana.  (WRA) 

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014