Negara (Antara Bali) - Hewan kurban bantuan dari Pemkab Jembrana untuk Hari Raya Idul Adha, yang disebar ke sejumlah masjid dan pondok pesantren, dijamin sehat karena sudah melewati pemeriksaan.

"Kami melakukan kerjasama dengan Balai Besar Veteriner di Denpasar, untuk memeriksa kesehatan hewan kurban sebelum diserahkan ke masyarakat," kata Kepala Bidang Peternakan, Dinas Peternakan Dan Kelautan Jembrana, Ni Wayan Purniawati, di Negara, Jumat.

Ia menjamin, puluhan hewan kurban tersebut bebas dari penyakit, sehingga masyarakat tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya.

Pada hari yang sama, Bupati Jembrana, I Putu Artha menyerahkan secara simbolis 25 ekor kambing di Masjid Adda'wah, Kelurahan Loloan Timur, yang selanjutnya akan didistribusikan ke masjid dan pondok pesantren di lima kecamatan.

Ia berharap, Hari Raya Idul Adha bisa meningkatkan iman dan taqwa Umat Islam, serta hewan kurban yang dipotong bisa lebih mendekatkan ke Tuhan Yang Maha Esa.

"Kurban harus dibarengi dengan keikhlasan, kejujuran dan ketaqwaan, sehingga bisa mendapatkan pencerahan jiwa," katanya, didampingi Wakil Bupati, I Made Kembang Hartawan.

Kepada tokoh agama ia berpesan, agar selalu membimbing dan membina umat masing-masing, untuk hidup rukun, apalagi masyarakat Kabupaten Jembrana termasuk heterogen.

"Kehidupan harmonis dan toleransi yang sudah kita capai bersama-sama selama ini, harus dipertahankan. Hidup rukun, akan membawa manfaat bagi semuanya," ujarnya.(GBI)

Pewarta: Oleh Gembong Ismadi

Editor : Gembong Ismadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014