Jakarta (Antara Bali) - PDI Perjuangan terus melakukan lobi-lobi politik menjelang penentuan pimpinan DPR RI guna menggolkan pola proporsional agar kader dari partai pemenang pemilu itu yang memimpin DPR RI periode 2014-2019.

"Kami terus melakukan lobi dengan partai-partai politik lainnya untuk mendorong penetuan pimpinan DPR RI dengan pola proporsional," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo yang terpilih kembali menjadi anggota DPR RI, di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Rabu.

Menurut dia, dalam melakukan lobi-lobi politik tersebut, tim dari PDI Perjuangan sudah bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono, serta sudah bertemu dengan pimpinan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Kemudian, tim dari Partai NasDem sudah bertemu dengan pimpinan dari Partai Amanat Nasional (PAN).

"Melalui lobi-lobi tersebut, kami berusaha meyakinkan partai-partai lain untuk dapat memimpin DPR RI secara proporsional. Kami harapkan lobi-lobi itu memberikan hasil positif," katanya.

Anggota Komisi I DPR RI periode 2009-2014 ini menjelaskan, setelah pelantikan DPR RI, PDI Perjuangan masih akan terus melakukan lobi-lobi politik dengan pimpinan partai politik lainnya yang terpilih menjadi anggota DPR RI.

Menurut dia, pemilihan pimpinan DPR RI akan dilakukan pada Rabu malam ini atau Kamis (2/2) besok, akan ditentukan pada rapat paripurna konstultasi pada siang ini.

"Kami harapkan rapat paripurna pemilihan pimpinan DPR RI bisa dilakukan pada Kamis besok, sehingga masih masih ada waktu bagi anggota DPR RI terpilih untuk menjaga stamina," katanya.

Tjahjo menjelaskan, peluang merekrut partai politik lain untuk mendukung penentuan pimpinan DPR RI dengan pola proporsional adalah merupakan peluang dan keyakinan.

Pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, yang juga Presiden Republik Indonesia, untuk menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu), telah memberikan keyakinan bagi PDI Perjuangan.

"PDI Perjuangan memiliki keyakinan, Partai Demokrat akan memiliki pandangan yang sama dengan PDI Perjuangan," katanya.

Dengan pola proporsional, maka PDI Perjuangan akan mengusung Puan Maharani sebagai calon Ketua DPR RI. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014