Gianyar (Antara Bali) - Petani asal Desa Bona, Blahbatuh, I Gusti Nyoman Buleleng meraih anugerah Silpakara, yang diserahkan  Gubernur Bali I Made Mangku Pastika saat upacara HUT ke-52 Provinsi Bali di Lapangan Renon, Denpasar, Sabtu.

"I Gusti Nyoman memiliki dedikasi, keuletan dalam melakukan kreatifitas inovasi di bidang modifikasi alat tanam benih langsung (Tabela)," kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Gianyar, Ida Bagus Rai.

Cara kerja alat ini sendiri, sambung Gus Rai, sangat sederhana dan manual. Begitu mesin dihidupkan peralatan dari bahan kayu  yang dirancang khusus menyerupai robot  itu langsung bekerja.

"Alat itu mampu bekerja satu berbanding tujuh  tenaga manusia," katanya.

Dengan adanya alat itu, lanjut Gus Rai, petani tak perlu lagi membuat pembenihan padi, karena jelijih itu langsung ditanam oleh mesin manual di hamparan sawah.

"Kalau dulu petani sebelum menanam padi, mesti menanam bibit jelijih  dulu, setelah bibit itu tumbuh menjadi padi, barulah  petani melakukan penanaman," ujarnya.

Dengan ditemukannya alat ini petani cuma satu kali kerja,  penanaman benih jelijih langsung bisa dilakukan tanpa membuat pembibitan.

Ia menambahkan, saking sederhananya alat ini bekerja, saat ini telah banyak dipergunakan di Desa Bona, Blahbatuh, hasilnya tak mengecewakan.

"Kini sudah banyak petani yang menggunakan alat ini," jelasnya.

Selain digunakan untuk menanam bibit  padi, sambung Gus Rai, alat ini juga bisa digunakan untuk menanam jagung, kacang kedelai dan lain sebagainya.

Penemuan alat itu sendiri, sambung Rai merupakan suatu bukti kalau petani di Gianyar kian berinovasi dengan teknologi.

Dengan anugerah tersebut sekaligus mengukuhkan Gianyar sebagai kabupaten Riset dan Teknologi (Ristek), karena sebelumnya anugerah dari Kementrian Ristek juga diperoleh Kabupaten Gianyar dengan kategori kreatifitas Informasi dan Teknologi (IT).

Ia menambahkan, apa yang telah didapatkan ini hendaknya dievaluasi dan bukan titik puncak kepuasan  dalam meraih prestasi.

"Tingkat kemajuan yang telah dicapai oleh daerah-daerah lain mesti terus kita jadikan teladan, sehingga kita tidak selalu puas dengan yang kita raih," ujarnya.

Ia menjelaskan sampai saat ini, selain terus berinovasi dalam bidang teknologi, pihaknya  juga akan terus merencanakan  menjalankan  program-program pembangunan yang lain, dimana sudah menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Gianyar.(*)

Pewarta:

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010