Denpasar (Antara Bali) - Pengurus Daerah Perhimpunan Tionghoa Indonesia (INTI) Bali akan menggelar jalan santai serangkaian peringatan HUT Ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia melibatkan sedikitnya seribu peserta yang digelar di seputaran Lapangan Renon, Kota Denpasar pada Minggu (31/8).

"Kegiatan jalan santai tersebut merupakan acara terakhir dalam merayakan Kemerdekaan RI. Sebelumnya kami juga menggelar bakti sosial, antara lain mengunjungi janda pahlawan nasional asal Bali, memeriksa kesehatan dan memberi bingkisan para veteran pejuang di Desa Penglipuran Bangli, dan donor darah. Tema kegiatan tersebut adalah `Bakti Bagimu Negeri`," kata Ketua Panitia Kegiatan Made Astika Wiguna di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan kegiatan jalan sehat bekerja sama dengan TVRI Bali. Dan kegiatan akan start di depan stasiun televisi tersebut dengan menyusuri Jalan Raya Puputan-Letda Tantular-Cok Agung Tresna dan finis di Lapangan Margarana Renon, Denpasar.

"Jarak tempuhnya lebih kurang mencapai enam kilometer dengan memperebutkan sejumlah hadiah menarik dan ratusan hadiah hiburan lainnya," kata Astika Wiguna yang didampingi Ketua PD INTI Bali Sudiarta Indrajaya dan pengurus lainnya.

Menurut dia, olahraga yang paling mudah dan murah adalah berjalan santai, karena olahraga ini tidak ada batasan umur untuk melakukannya. Jadi siapa saja bisa melakukan untuk menuju tubuh sehat.

"Setiap individu memerlukan olahraga dalam menjaga tubuh agar tetap sehat, karena itu dalam kesempatan ini kami mengajak kepada masyarakat di Bali ikutserta dalam kegiatan jalan santai," ujarnya.

Sudiarta Indrajaya menambahkan melalui olahraga jalan santai ini pihaknya ingin mengajak warga dalam suasana kebersamaan, sekaligus memupuk hidup sehat.

"Nantinya selesai jalan santai, di sekitar lapangan tersebut disediakan sejumlah pedagang makanan dan minuman dengan tujuan memberdayakan ekonomi kerakyatan terutama usaha-usaha kecil," katanya.

Ia juga mengatakan pada hari itu juga disediakan pelayanan kesehatan gratis seperti pemeriksaa kesehatan dan periksaan kadar tulang serta pijat refleksi.

"Kami juga sebelumnya pada perayaan Imlek lalu, melakukan bedah warung dalam menumbuhkan usaha kecil. Warung itu dibedah agar mampu memberi suasana nyaman bagi konsumen, termasuk juga higinitas makanan yang dijual. Warung itu ada di Jalan Pengangsaan Timur atau di depan Kantor BPJS Kesehatan, Renon, Kota Denpasar," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014