Jimbaran (Antara Bali) - Bupati Badung Anak Agung Gde Agung mengingatkan para calon wisudawan Universitas Udayana (Unud) Bali untuk berinovasi dalam wirausaha menghadapi persaingan regional dan global.

"Mari kita berpikir wirausaha terutama menciptakan usaha karena itu merupakan agen perubahan. Pimpin perubahan dengan masuk ke dunia wirausaha berinovasi di sana (wirausaha)," katanya saat mengisi kuliah umum kepada calon wisudawan di Auditorium Kampus Bukit Unud di Jimbaran, Kabupaten Badung, Bali, Jumat.

Inovasi itu, kata dia, merupakan salah satu yang harus dipenuhi para lulusan ditengah persiangan regional seperti pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 dan tantangan global.

Ia juga mengingatkan kepada ribuan calon wisudawan dan wisudawati untuk bekerja keras untuk meningkatkan kompetensi dengan memperkuat aspek keunggulan dan belajar dengan pihak lain yang lebih berpengalaman."Pahami peta kompetisi dan berkolaborasi," imbuh Gde Agung.

Lebih lanjut Gde Agung menyatakan bahwa hal tersebut dilakukan dengan memperkuat sumber daya manusia salah satunya melalui kerja sama pemerintah daerah dengan perguruan tinggi guna menghasilkan SDM yang tangguh.

Menurut dia, upaya yang harus dilakukan untuk mencapai SDM yang kompeten itu di antaranya memiliki iman yang kuat, intelektual, moral, dan kebugaran fisik.

"Para wisudawan setelah lulus harus mampu berinovasi jangan hanya mengejar sebagai pegawai negeri sipil, karena menjadi PNS tidak mudah," ucapnya.

Selain mengetengahkan inovasi wirausaha, orang nomor satu di Pemerintah Kabupaten Badung itu juga memberikan kuliah umum terkait kepemimpinan untuk mendukung kemajuan pembangunan daerah.

"Ada lima level kepemimpinan. Level terbawah individu yang memiliki kapasitas, tim yang berkontribusi, manajer yang kompeten, pemimpin yang efektif hingga paling puncak itu pemimpin," katanya. (WDY)

Pewarta: Oleh Dewa Wiguna

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014