Denpasar (Antara Bali) - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait ketinggian gelombang di Perairan Selat Bali dan sekitarnya yang dalam tiga hari terakhir menunjukkan peningkatan.

Peringatan dini terkini yang berlaku selama 24 jam terhitung mulai Rabu, pukul 08.00 Wita, hingga Kamis (19/6), pukul 08.00 Wita, yang dikeluarkan BMKG Wilayah III/Denpasar itu ditunjukkan kepada pengelola pelabuhan penyeberangan, perusahaan pelayaran, wisatawan, dan para nelayan.

Dalam peringatan itu disebutkan bahwa ketinggian gelombang di Selat Bali ke utara, Samudera Hindia, selatan Pulau Bali, hingga Laut Timor mencapai dua meter.

Secara terperinci ketinggian gelombang di laut utara Pulau Bali berkisar antara 0,75 meter hingga dua meter, selatan Bali (1-3 meter), Pantai Sanur (0,75-3 meter), Pantai Tanah Lot (0,75-2,5 meter), Pantai Nusa Dua (0,75-3 meter), dan Pantai Kuta (0,75-3 meter).

Cuaca di Bali pada umumnya berawan dengan temperatur udara berkisar antara 23 hingga 31 derajat Celcius.

BMKG mengimbau pihak pengelola pelabuhan penyeberangan dari Bali menuju Jawa dan Lombok diberlakukan sistem buka-tutup terkait meningkatnya ketinggian gelombang tersebut. (M038/ADT)

Pewarta: Oleh M. Irfan Ilmie

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014