Sao Paulo (Antara Bali) - Spanyol akan mengawali perjuangan mereka untuk mempertahankan gelar saat melawan Belanda pada pertandingan perdana Grup B Piala Dunia 2014 di Salvador, Jumat (Sabtu dinihari Wita).

Pertandingan tersebut merupakan ulangan final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan yang ketika itu dimenangi Spanyol dengan skor 1-0 berkat gol Andres Iniesta di Soccer City Stadium, Johannesburg.

Pada pertandingan Grup B lainnya, Australia akan berhadapan dengan Chile di Cuiaba.

Pada pertandingan final empat tahun lalu yang disaksikan lebih dari 80.000 penonton, Belanda diganjar hukuman sembilan kartu kuning, sehingga mendapat kritikan karena dianggap menampilkan sepak bola negatif.

Selain runner-up pada 2010, Belanda sebelumnya juga terganjal di final pada Piala Dunia 1974 dan 1978.

Pelatih Belanda Louis van Gaal kepada  AFP mengakui bahwa Spanyol mungkin saja tim terbaik dunia saat ini, tapi bukan hal yang tidak mungkin jika Belanda mampu membalas kekalahan menyakitkan itu.

"Saya ada satu cara untuk membendung Spanyol, yaitu membuat pertahanan berlapis," kata van Gaal usai sesi latihan di Salvador.

"Jika mendapat bola, maka Anda harus bergerak cepat dan berusaha mencetak gol. Tapi itu tentu tidak mudah karena Spanyol juga pertahaan yang baik," kata pelatih yang akan menangani Manchester United usai Piala Dunia 2014.

"Tapi saya sangat yakin bahwa kami bisa melakukan sesuatu yang istimewa pada pertandingan nanti, meski semua menyadari bahwa Spanyol adalah tim terbaik saat ini," katanya menambahkan. (ADT)

Pewarta: Oleh Atman Ahdiat

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014