Tiongkok Kirim Kapal untuk Evakuasi Warganya di Vietnam

Minggu, 18 Mei 2014 14:00 WIB

Beijing (Antara Bali) - Tiongkok mengirim lima kapal ke Vietnam, Minggu, untuk mengevakuasi warganya yang terjebak dalam kekerasan anti-Tiongkok yang mematikan di negara itu, kata Departemen Transportasi.

Kapal pertama berlayar dari pelabuhan di Haikou, provinsi paling selatan Tiongkok, Hainan, pada pukul 08.00 Minggu, kata satu pernyataan kementerian, seperti dilaporkan Xinhua.

Kapal diperkirakan akan mencapai Vietnam setelah perjalanan 17 sampai 18 jam, menurut Administrasi Keselamatan Maritim Hainan.

Sebuah kapal penyelamat telah dikirim ke perairan yang relevan untuk memberikan bantuan darurat. Kapal penyelamat lain dan helikopter juga disiagakan, kata para pejabat pemerintah.

Dua warga Tiongkok tewas dalam kekerasan itu dan lebih dari 100 lainnya terluka.

Kompleks pabrik besi dan baja di Provinsi Ha Tinh, Vietnam, diinvestasikan oleh Formosa Plastics Group yang berbasis di Taipei, parah terkena serangan kekerasan yang dipicu oleh sengketa di Laut China Selatan.

Sebanyak 16 warga negara Tiongkok yang menderita luka parah telah dievakuasi dari Vietnam, Minggu pagi, dengan penerbangan medis carteran yang diatur oleh pemerintah Beijing.

Lebih dari 3.000 warga Tiongkok telah dievakuasi dari Vietnam Sabtu sore, kata Kementerian Luar Negeri Tiongkok Minggu pagi. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014

Terkait
Terpopuler