Surabaya (Antara Bali) - Bupati Badung Anak Agung Gde Agung ingin meniru keberhasilan Pemerintah Kota Surbaya dalam menata pertamanan dan sistem drainasi perkotaan di Ibu Kota Provinsi Jawa Timur tersebut.

"Terus terang saya sangat kagum dengan keberhasilan Pemkot Surabaya dalam menata kawasan perkotaan," katanya di sela-sela melakukan kunjungan kerja di Kota Surabaya, Selasa.

Menurut dia, yang paling menarik perhatian adalah dalam penataan Taman Bungkul sehingga mampu meraih penghargaan dari PBB beberapa waktu lalu.

Selain itu, sistem penanganan banjir yang dilakukan di kota jasa tersebut sehingga mampu mengurangi genangan air di daerah padat penduduk.

Pihaknya sangat tertarik dengan kiat-kiat dan keberhasilan Pemkot Surabaya sehingga Gde Agung dan rombongan memilih Ibu Kota Jawa Timur itu sebagai tujuan kunjungan kerja.

Dengan kunjungan tersebut pihaknya berharap mampu meningkatkan pelayanan dan sarana penunjang di kabupaten terkaya di Pulau Dewata itu.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Surabaya Hendro Gunawan mengatakan, keberhasilan yang dicapainya saat ini berkat kebijakan dan kerja keras Wali Kota Tri Rismaharini dalam mengemban roda pemerintahan.

"Terus terang Ibu Wali Kota selalu memberikan contoh yang baik kepada bawahannya sehingga kami sebagai bawahan tanpa menunggu perintah akan bekerja.," ujarnya.

Terkait dengan penataan pertamanan di Kota Surabaya bukan hanya menata menjadi cantik, tetapi bagaimana penataan taman itu berfungsi secara maksimal dan bisa memberikan rasa aman dan nyaman.

Gunawan mencontohkan penataan taman di Taman Bungkul yang dikembangkan menjadi sarana santai, bermain, berolahraga, wisata, tempat ibadah, fasilitas wifi, pengembangan pedagang kaki lima, dan terjamin keamanannya yang dilengkapi dengan kamera pengintai (CCTV).

Dalam kunjungan tersebut rombongan Pemkab Badung bekesempatan melihat langsung penataan Taman Bungkul dan sistem drainase perkotaan di salah satu rumah pompa pusat kota. (WDY)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014