Jakarta (Antara Bali) - Inspektur Jenderal Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi (IUBTT) Kementerian Perindustrian Syarif Hidayat mengatakan bahwa produk elektronik buatan Indonesia sudah semakin baik kualitasnya dan sudah mulai memasuki pasar-pasar di Afrika.

"Produk-produk elektronik Indonesia  sudah semakin baik dan juga sudah bisa masuk ke pasar-pasar internasional yang tidak biasa, yakni ke pasar yang benar-benar baru di Afrika," kata Syarif saat membuka acara pameran produk lokal industri elektronika dan telematika di Plasa Industri, Kemenperin di Jakarta, Senin.

Menurut dia, barang-barang elektronik buatan Indonesia, misalnya AC (alat pendingin ruangan), lemari es, televisi, peralatan audio sudah mulai masuk ke negara-negara baru di Afrika, seperti Kamerun, Senegal, Nigeria, Pantai Gading.

Oleh karena itu, kata Syarif, pihaknya akan terus berupaya mengembangkan kesempatan di pasar-pasar yang memungkinkan produk-produk Indonesia bisa memimpin.

Kementerian Perindustrian RI menggelar pameran produk lokal industri elektronika dan telematika Indonesia dengan tema "Inovasi Produk untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Produk Elektronika dan Telematika".

Pameran itu merupakan kegiatan rutin yang selalu diselenggarakan setiap tahun dan sudah biasa diikuti oleh kalangan industri elektronika dan telematika dalam negeri.

"Acara pameran ini adalah upaya pemerintah menyediakan kesempatan untuk promosi dan penyebaran informasi mengenai kemampuan dan kemandirian yang dimiliki industri elektronika dan telematika di dalam negeri," ujar Syarif.

Acara yang terselenggara atas kerja sama Direktorat Jenderal IUBTT Kementerian Perindustrian dengan pengusaha dan asosiasi industri elektronika dan telematika itu dilaksanakan mulai 28 April hingga 30 April pada pukul 10.00--16.30 WIB. (WDY)

Pewarta: Oleh Yuni Arisandy Sinaga

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014