Kuala Lumpur (Antara Bali) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama tiba di Kuala Lumpur, Sabtu, untuk kunjungan kenegaraan selama tiga hari di Malaysia, yang akan membahas isu perdagangan bilateral dan isu kawasan.

Kunjungan Obama yang awalnya dijadwalkan pada Oktober tahun lalu, akan menjadi kunjungan pertama Presiden AS sejak tahun 1966.

Sebelumnya, rencana kunjungan Obama ke Malaysia ditunda karena kebuntuan anggaran yang menyebabkan penghentian sementara layanan pemerintah AS.

Obama diharapkan melakukan pembicaraan resmi dengan Perdana Menteri Malaysia Najib Tun Razak mengenai status Perjanjian Trans Pacific Partnership (TPPA).

Menurut para pejabat, kunjungan Obama akan mempertegas hubungan ekonomi yang kuat, yang membentuk landasan hubungan bilateral Malaysia-Amerika Serikat.

Menteri Luar Negeri Malaysia Anifah Aman mengatakan, Amerika Serikat tetap salah satu mitra dagang terbesar Malaysia dan sumber utama investasi asing langsung di negara itu.

"Ada potensi signifikan untuk meningkatkan hubungan ekonomi, untuk meningkatkan hubungan di kawasan pertumbuhan baru, terutama di negara berkembang dan sektor teknologi tinggi," kata Anifah.

Sementara itu, Senin pagi, Obama akan menyaksikan penandatanganan beberapa perjanjian sebelum berangkat ke Manila, demikian laporan Xinhua. (WDY)

Pewarta:

Editor : I Gusti Bagus Widyantara


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014