Denpasar (Antara Bali) - Sebanyak 72 mahasiswa Fakultas Seni Pertunjukan serta Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar mengikuti pendidikan dan pelatihan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) untuk tahun 2014.

"Dalam kegiatan itu disertai sebelas pendamping (pembicara), terdiri lima dosen dari kalangan kita sendiri dan enam lainnya dari luar kampus," kata Pembantu Rektor III ISI Denpasar, Drs. I Wayan Gulendra, M.Sn selaku ketua panitia kegiatan tersebut, Rabu.

Ia mengatakan, enam pendamping dari luar kampus tersebut berasal dari Universitas Udayana tiga orang serta masing-masing seorang dari BRI, Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Koperasi dan UKM Kota Denpasar.

"Kegiatan pelatihan tersebut berlangsung selama dua hari, tanggal 22-23 April 2014 di kampus setempat," ujar I Wayan Gulendra.

Kegiatan itu untuk meningkatkan kemampuan "soft skill" mahasiswa dan mengasah jiwa wirausaha muda sebagai upaya menciptakan lapangan kerja.

Pelatihan yang dilakukan secara berkesinambungan itu dengan harapan mahasiswa memiliki wawasan tentang kewirausahaan, mampu menjabarkan rencana bisnis yang mempunyai sasaran realistis.

Selain itu mampu menganalisis kekuatan dan kelemahan usaha yang akan dikelola, serta mengantisipasi berbagai hambatan maupun peluang dalam usaha merealisasikan rencana bisnis yang telah disusun, ujar Wayan Gulendra.

Rektor ISI Denpasar, Dr Gede Arya Sugiartha, S.S.Kar, M.Hum mengharapkan agar mahasiswa dapat mengikuti pelatihan PMW itu dengan baik, sekaligus mengimplementasikannya di masa yang akan datang.

Sebagai sarjana seni diharapkan mampu mengembangkan berbagai kompetensi melalui pelatihan "soft skill", untuk mengembangkan bidang keahlian, harap Arya Sugiartha. (WDY)

Pewarta: Oleh I Ketut Sutika

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014