Denpasar (Antara Bali)  – Telkomsel berkolaborasi dengan Nokia menghadirkan smartphone Nokia bersistem operasi Android pertama di Indonesia, yakni Nokia X. Cukup dengan mengaktifkan paket data Nokia X seharga Rp 20.000, pelanggan dapat menikmati gratis chatting melalui BlackBerry Messenger (BBM), serta internetan 3,6 GB, 300 SMS, dan 300 menit nelpon selama tiga bulan.

Masyarakat bisa memperoleh penawaran menarik paket bundling Nokia X-simPATI seharga Rp 1.575.000 ini dalam pameran penjualan pada tanggal 15-30 April 2014 di Cellular World Teuku Umar, Denpasar. Tersedia hadiah langsung berupa handphone Nokia Asha 501, Nokia Asha 210, dan Nokia 108, serta berbagai merchandise menarik selama promo berlangsung.

Manager Telkomsel Branch Denpasar Kusnandar mengungkapkan, “Ketersediaan smartphone dengan harga terjangkau seperti Nokia X menjadi hal yang sangat penting dalam perkembangan ekosistem perangkat, jaringan, dan aplikasi di Indonesia.

Dengan jumlah pelanggan Telkomsel pengguna Nokia di Bali yang mencapai sekitar 1 juta pelanggan, kerjasama jangka panjang dengan Nokia termasuk integrasi operator billing untuk Nokia Store, penawaran khusus untuk pengguna, dan akses pada aplikasi-aplikasi Android, kami yakin akan mendapatkan respon yang positif, sehingga dapat membantu kami untuk menarik lebih banyak lagi pengguna 3G.

Nokia X membawa keunikan kualitas dan desain perangkat Nokia, melalui halaman antarmuka pengguna (user interface) dengan tile yang menarik dan khas, terinspirasi dari Lumia. Nokia X hadir dengan fitur Fastlane yang memudahkan pengguna untuk berpindah aplikasi favorit mereka dengan lebih mudah.

Mereka juga dapat mengakses aplikasi yang telah dikurasi dan dites melalui Nokia Store; berbagai pilihan toko aplikasi pihak ketiga dan install aplikasi melalui sideload.

Selain itu, layanan unik Nokia seperti HERE Maps online dan offline dapat diakses secara gratis, begitu pula dengan navigasi turn-by-turn dari HERE Drive dan gratis Nokia MixRadio untuk streaming musik dan download playlist.

Nokia X juga memberikan layanan popular dari Microsoft, termasuk layanan cloud gratis menggunakan OneDrive. Khusus untuk pengguna Nokia X, Nokia menawarkan akses panggilan gratis selama satu bulan menggunakan Skype dan memori penyimpanan 10GB gratis menggunakan OneDrive.

Penggunaan aplikasi mobile telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan penggunaan smartphone dalam keseharian pengguna.

Dengan keunikannya, Nokia X tidak hanya memberikan pengalaman pengguna yang menyenangkan tapi juga memungkinkan mereka untuk mendapatkan aplikasi favorit. BlackBerry Messenger (BBM), salah satu aplikasi pesan instan popular di Indonesia juga sudah tersedia langsung (pre-loaded) dalam Nokia X.

Beragam fitur utama yang dimiliki oleh BBM akan dapat dinikmati oleh pengguna Nokia X. Berkomunikasi dengan pengguna BBM pada platform lainnya, privasi yang terkontrol dengan adanya nomor PIN, berbagi pesan melalui Groups, Multi-person Chat, hingga Broadcast Messages dan membuat profil pengguna BBM.
Selain BBM, berbagai aplikasi Android ternama, seperti Facebook, Twitter, LINE, dan WeChat yang sudah tersedia langsung (pre-loaded), juga dapat diakses oleh pengguna Nokia X.

Sedangkan beragam aplikasi populer lainnya, seperti Instagram, Path, WhatsApp, Temple Run, Subway Surfer, Hay Day, Candy Crush dan Clash of Clans, bisa diunduh melalui Nokia Store dan toko aplikasi pihak ketiga.

Untuk memastikan pengguna Nokia X mendapatkan konten yang relevan, Nokia juga terus mendukung perkembangan ekosistem developer lokal. Menjelang hadirnya Nokia X di Indonesia, Nokia Developer menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk mengedukasi para developer mengenai platform Nokia X.

Salah satu rangkaian kegiatannya adalah DVLUP Porting Day, di mana Nokia Developer bersama dengan GITS Indonesia memberikan pelatihan mengenai porting aplikasi untuk dapat diakses melalui Nokia X. Beberapa aplikasi buatan developer Indonesia yang sudah dapat diakses di Nokia X adalah Eyes of Dragon, Blastnote, dan Roly Poly Penguin. (WRA)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014