Kuta, (Antara Bali) - Hotel Grand Istana Rama di Kuta kini memiliki menu khas yang menggugah selera yakni Gurami goreng krispi dengan saus mangga memadukan asam dan pedas di lidah.

"Crispy Fried Gurami saus mangga adalah olahan masakan lokal dengan Gurami pilihan yang disajikan dengan lumuran saus mangga ala Samudera Restaurant. Saus mangga yang dibuat ini memang lebih ke cita rasa masakan Thailand, karena dasarnya dari saus mangga Thailand," ujar Ichwanul Hayat, Executive Sous Chef Grand Istana Rama.

Pengolahannya cukup sederhana, ikan Gurami yang sudah dibentuk seperti kupu-kupu, ditaburi garam dan merica lalu dibalut oleh tepung sagu kemudian goreng hingga kering.

Sedangkan untuk sausnya, irisan mangga yang berbetuk korek api dicamur dengan cabe rawit, lemon juice dan gula pasir serta tambahan  sedikit saus ikan.

"Penambahan lemon juice ini akhirnya akan mengasilkan kuah saus mangga yang lezat," ucapnya.

Ukuran ikan yang disajikan pun cukup besar, berkisar 350–400 gram per penyajian sehingga bisa disantap lebih dari satu orang.

Crispy Fried Gurami ini pun disajikan dengan pilihan "Garlic rice dan vegetable mix". Garlic rice ini terbuat dari nasi putih yang diolah dengan bawang putih dan telur untuk menambah cita rasa di lidah.

Untuk menikmati "Crispy Fried Gurami with Mangga Sauce" yang ada dalam menu "Red Pinchers" itu dibandrol dengan harga Rp75 ribu per paket.

Selain gurami, masih banyak pilihan bahan lainnya seperti kakap, udang, tuna, hingga salmon dengan beragam penyajian, dari mulai di goreng, panggang, dikukus, dan dibuat steak.
Pilihannya tak berhenti disitu, tapi juga ada pilihan untuk saus, sayuran dan pelengkapnya di antaranya "Black pepper sauce", "Mild Curry Sauce", "Nyonya Sauce", hingga "Padang Sauce".(PR_GIRH/DWA)

Pewarta:

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2014