Denpasar (Antara Bali) - Wali Kota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra mendorong pengembangan kain tenun khas Bali atau "endek" sebagai salah satu warisan budaya.

"Kami sedang upayakan agar kain endek dapat dipromosikan secara nasional karena ini merupakan salah satu warisan budaya kreatif lokal," ujarnya di Denpasar, Selasa.

Namun sebelum dipromosikan secara meluas, dia meminta para pengrajin memperhatikan kualitas agar memiliki daya saing yang tinggi. "Kain endek harus memiliki kualitas dan motif yang kuat jika ingin bersaing secara nasional," ujarnya.

Selain kualitas, Wali Kota juga mendorong pengrajin bekerja sama dengan para perancang busana agar endek bisa diterima secara nasional dan tetap modis pada saat dikenakan.

Untuk lebih memasyarakatan kain endek, pihaknya telah menggelar pergelaran busana berbahan endek di Hotel Aston, Denpasar, Minggu (29/10).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh perancang busana asal Jakarta Didit Maulana dan Sekretaris Head Of Fashion Award Jakarta Haryo Raharjo Putro.

Para perancang busana itu, menurut Rai Dharmawijaya, menyampaikan keinginannya membantu Pemerintah Kota Denpasar mempromosikan endek di ajang Jakarta Fashion dan Food Festival, Mei 2014. (M038)

Pewarta: Oleh I Made Argawa

Editor : M. Irfan Ilmie


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013