Denpasar (Antara Bali) - Libur hari raya Kuningan bagi umat Hindu selain diisi kegiatan persembahyangan juga dimanfaatkan warga untuk menikmati sejumlah obyek wisata bersama keluarga, antara lain membanjiri Tanah Lot, Sabtu.

"Warga masyarakat hari ini cukup banyak yang datang ke Tanah Lot. Cuaca cukup cerah sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan pantai," kata Manager Operasional obyek wisata Tanah Lot, Kediri, Kabupaten Tabanan, I Made Sujana.

Dia mengatakan, jika melihat para pengunjung yang datang, antara wisatawan asing dan domestik, baik dari warga Tabanan dan sekitarnya maupun dari luar Bali, jumlahnya hampir imbang. Mereka datang bersama anggota keluarga menggunakan roda dua dan empat.

Meski wisatawan domestik membanjiri obyek andalan Kabupaten Tabanan ini, namun  dari data kunjungan pada minggu ketiga Mei 2010, justru terjadi penurunan dibanding periode sama tahun lalu, meski masih menyisakan satu minggu lagi untuk Mei ini.

Pada Mei tahun 2008, jumlah tamu mencapai 173.991 orang, sedangkan Mei pada tahun ini baru sebanyak 89.062 orang.

Demikian pula dibanding April lalu yang mencapai 170.117 orang, pada Mei ini jumlah tamu yang datang baru mencapai sekitar separuhnya.

Menurut Sujana, dari para tamu yang datang, pengunjung asing masih mendominasi, dibanding wisatawan nusantara, dengan rincian tamu asing sebanyak 46.392 orang. Sementara untuk tamu domestik mencapai 42.670 orang.

Ia menambahkan secara umum tidak ada hal hal yang mengganggu kelancaran para wisatawan yang datang, demikian juga cuaca di sekitar pantai cukup bagus sehingga semakin menambah minat para pengunjung.

Demikian juga dengan arus lalu lintas, baik kendaraan yang masuk maupun keluar lokasi, relatif lancar. Semua kendarana roda dua dan empat baik mereka yang akan bersembahyang maupun akan berwisata, dapat berjalan lancar.

"Besok Minggu, kami perkirakan jumlah pengunjung akan lebih banyak lagi karena hari terakhir libur, sebab Senin warga sudah mulai masuk kerja dan anak-anak sekolah mulai masuk seperti biasa," ujarnya.(*)

Pewarta:

Editor : Masuki


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2010