Madrid (Antara Bali) - Penyerang Atletico Madrid Diego Costa telah mengonfirmasi niatnya untuk bermain bagi Spanyol ketimbang Brazil, negara kelahirannya, demikian konfirmasi Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) pada Selasa.

Dalam pernyataannya RFEF mengatakan bahwa sang pemain telah menyatakan "niatnya untuk dipilih pelatih tim nasional Spanyol Vicente del Bosque" dalam surat bertanda tangan yang dialamatkan kepada Julio Cesar Avelleda, sekretaris umum Konfederasi Sepak Bola Brazil.

"Oleh karena itu, Diego Costa dapat bermain dengan Spanyol pada pertandingan-pertandingan mendatang pada November jika ia dipilih oleh pelatih tim nasional," tambah pernyataan itu.

Spanyol akan menghadapi Afrika Selatan pada pertandingan persahabatan di Johhanesburg pada 19 November, dan masih melakukan pembicaraan untuk pertandingan persahabatan lainnya melawan Angola empat hari sebelumnya.

Costa telah melakukan dua penampilan untuk Brazil pada awal tahun ini di pertandingan persahabatan melawan Italia dan Rusia, namun hal itu tidak mencegah ia berganti timnas karena ia belum pernah memainkan pertandingan kompetitif di level internasional senior.

Pemain 25 tahun ini telah mencetak 13 gol dari jumlah pertandingan yang sama di semua kompetisi musim ini, dan saat ini memuncaki daftar pencetak gol terbanyak di Liga Spanyol dengan koleksi 11 gol dari sepuluh pertandingan, tiga gol lebih banyak daripada Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Del Bosque telah mengumumkan niatnya untuk memanggil Costa pada bulan lalu menjelang dua pertandingan terakhir timnya di kualifikasi Piala Dunia, melawan Belarus dan Georgia.

Bagaimanapun, berkas-berkas yang diperlukan untuk mentransfer perubahan kewarganegaraan Costa dari Brazil ke Spanyol tidak dapat diselesaikan tepat waktu, sehingga ia batal terlibat pada kedua pertandingan itu. (Antara/AFP/ADT)

Pewarta:

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013