Amlapura (Antara Bali) - Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan melakukan kunjungan singkat ke Kabupaten Karangasem, Bali timur untuk melihat kesiapan daerah itu menjadi tuan rumah peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia.

"Kegiatan tingkat nasional itu rencananya dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada akhir November mendatang," kata Bupati Karangasem I Wayan Geredeg, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan di Dusun Tegallanglangan, Desa Datah, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, dengan menyiapkan areal penanaman, dan tempat kegiatan tersebut berlangsung.

Selain itu juga mempersiapkan rumah pintar di Dusun Muntigunung, Desa Tianyar Barat, Kecamata Kubu yang rencananya akan diresmikan ibunegara Nyonya Ani Yudhyono.

"Karangasem dijadikan tuan rumah pelaksanaan Hari Menanam Pohon Indonesia sekaligus peresmian rumah pitar di Muntigunug pada 23 Nopember 2013," ujarnya.

Terpilih Kabupaten Karangasem dalam kegiatan bertaraf nasional itu berkat daerah tujung timur Bali itu memiliki prestasi dibidang kehutanan bahkan terakhir merebut tiga prestasi nasional sekaligus.

Rencananya kegiatan penanaman akan melibatkan 5.000 orang dari unsur masyarakat pramuka, PNS dan berbagai elemen dengan titik lokasi Banjar Dinas Tegallanglangan. Desa Datah, Kecamatan Kubu Kabupaten Karangasem.

Jenis pepohonan yang akan ditanam antara lain jenis pohon gamelina dan trembesi, seluas 13,5 hektare, ujar Bupati Wayan Geredeg.  (LHS)

Pewarta: Oleh IK Sutika

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013