Denpasar (Antara Bali) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri mengatakan penyandang cacat di Indonesia masih banyak yakni mencapai 2,8 juta dari jumlah penduduk di Indonesia.

"Dari jumlah tersebut pemerintah terus melakukan upaya penanganan maksimal, disamping mengharapkan bantuan swasta, sehingga dana kepedulian sosial bisa diarahkan untuk membantu sesama," kata Mensos Al Jufri saat meninjau keluarga cacat berat di Kota Denpasar, Senin.

Ia mengakui anggaran dari APBN untuk Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) terkait warga penyadang cacat berat masih minim.

"Memang anggaran pusat masih minim untuk menangani masalah cacat berat, untuk itu kami mengharapkan pemerintah daerah bisa membantu warganya melalui APBD setempat," ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Al Jufri mengatakan penyandang cacat berat diperkirakan di Indonesia mencapai 163.000 orang, namun yang telah tertangani sekitar 20.000 hingga 30.000 orang.

"Kami berharap juga kepada pemerintah daerah dan warga lingkungan terus peduli terhadap keluarga yang mengalami cacat berat. Bagaimana keluarga tersebut tabah mengalami cobaan itu. Karena ini adalah jalan dari Tuhan, karena itu mari bersama-sama peduli supaya keluarganya tidak putus asa," katanya.

Pewarta: Oleh I Komang Suparta

Editor : I Nyoman Aditya T I


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013