Mangupura (Antara Bali) - Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung, Bali, menyiapkan parkir khsusus para anggota delegasi menteri Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) yang akan berkunjung ke Pura Taman Ayun pada 2 Oktober 2013.

"Kami sudah menyiapkan parkir khsusus kendaraan para delegasi dengan kapasitas 40 kendaraan yang diparkir di sebelah barat kawasan wisata tersebut," kata Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung I Wayan Weda Dharmaja di Mangupura, Senin.

Parkir itu nantinya akan mendapat pengamanan khsusus agar kendaraan para delegasi dan rombongan lainnya tetap aman.

Nantinya pihaknya akan bekerja sama dengan pecalang (petugas keamanan desa adat) dan aparat keamanan lainnya.

Sementara itu, lalu lintas di kawasan itu juga menjadi perhatian khusus saat delegasi melakukan kunjungan ke objek wisata Pura Taman Ayun.

"Lalu lintas dari lokasi KTT APEC di Nusa Dua menuju kawasan wisata Pura Taman Ayun sudah kami tata agar terlihat rapi saat kunjungan tersebut," ujarnya.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk turut serta menyukseskan acara itu karena menyangkut nama baik Bali dan Indonesia di kancah internasional.

Pemerintah Kabupaten Badung, Bali sebelumnya telah melakukan penataan untuk mempercantik kawasan Taman Ayun, Mengwi yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia (WBD) dengan dana sebesar Rp 8,4 miliar.

Areal seluas empat hektare itu dikelilingi kolam besar, dengan pertamanan tertata apik, warisan Kerajaan Mengwi yang kini masuk wilayah Kabupaten Badung, Bali, pernah mengalami kejayaan pada abad XVII silam.

Kolam besar yang "dihuni" berbagai jenis ikan itu, pinggirannya tertata apik, ditanami aneka jenis bunga-bungaan seperti teratai, kamboja, cempaka dan kenanga, bahkan belakangan kembali ditata oleh Pemkab Badung.

Penataannya dilakukan secara menyeluruh, termasuk halaman yang cukup luas peruntukannya sebagai tempat parkir maupun menampung para pedagang cindera mata.

Upaya mempercantik kawasan itu juga dibangun dua pintu gerbang (gelung kori) di sebelah barat tepatnya di catus pata Mengwi dan di timur Desa Gulingan serta pembangunan candi bentar di jalan menuju Pura Taman Sari dan di Banjar Pande.  (WRA)

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013