Singaraja (Antara Bali) - Sebanyak seratus peserta ikut ambil bagian dalam lomba Perahu Layar memeriahkan HUT ke-68 Kemerdekaan RI di wilayah Kabupaten Buleleng, Bali utara, Kamis.

Bupati Buleleng Putu Agus Suradnya melepas keberangkatan peserta tersebut, Kamis dengan menempuh jarak 12 kilometer di pantai Kerobokan, Desa Kerobokan, Kecamatan Sawan dengan garis finish di pantai Bina Ria, Desa Kalibukbuk, Lovina.

Peserta yang ikut ambil bagian kali ini meningkat dibanding kegiatan tahun sebelumnya. Bahkan panitia sempat menolak keikutsertaan 14 nelayan dari Kecamatan Banjar dan Kecamatan Seririt.

Hal itu akibat peserta melebihi kuota yang ditetapkan, kata Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (Kadiskanla) Kabupaten Buleleng selaku Ketua Panitia I Nyoman Sutrisna.

Bupati Putu Agus Suradnyana meminta Kadiskanla menetapkan kegiatan masyarakat nelayan itu sebagai kegiatan tahunan untuk memulihkan kunjungan wisatawan, meningkatkan peserta hingga 125 orang.

"Kegiatan tahunan ini, selain sebagai sarana hiburan sekaligus mengobarkan semangat juang kepada generasi muda sebagai anak bangsa. Karena itu, masyarakat jangan hanya bisa menghujat saja tapi mampu memberi kontribusi yang bermanfaat bagi pembangunan Buleleng," kata Bupati Putu Agus Suradnyana.

Ia mengharapkan potensi kelautan di kabupaten Buleleng lebih mendapat perhatian untuk dapat dikembangkan secara maksimal.

Kadiskanla Buleleng Nyoman Sutrisna menjelaskan, para juara dalam Lomba Perahu Layar kali ini disediakan hadiah uang tunai untuk juara I Rp5,5 juta, juara II Rp4,5 juta dan juara III Rp3,5 juta, di samping masing-masing juga menerima piala dan pesawat TV.

Sedangkan juara harapan I,II dan III menerima hadiah uang senilai Rp2,5 juta, Rp2 juta, dan Rp1,5 juta serta hadiah barang. Khusus untuk 25 peserta yang masuk garis finish masing-masing diberikan senilai Rp200 ribu.

"Semua hadiah bagi para juara, termasuk pembiayaan pelaksanaan dialokasikan dari APBD Buleleng 2013, sedangkan nilai seluruh partisipasi dari pihak perusahaan dan perorangan Rp14,652 juta," ujarnya.

Pada kegiatan itu juga dilakukan penebaran sepuluh ribu ekor nila di Sungai Kerobokan. (WRA) 

Pewarta: Oleh I Made Tirthayasa

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013