London (Antara Bali) - Basel meraih playoff Liga Champion setelah menang agregat 4-3 atas Maccabi Tel Aviv pada pertandingan Selasa waktu setempat.

Klub juara liga Swiss itu akan bergabung pada tahap terakhir sebelum tahap itu diisi oleh Olympique Lyon yang menang 1-0 di Grasshoppers, Steaue Bucharest, Fenerbahce, klub Slovenia Maribor, tim Bulgaria Ludogorets dan Shakhtyor IK dari Kazakhstan.

Ludogorets menang 1-0 di Partizan Belgrade pada Selasa, berkat gol penalti menit-menit terakhir.

Pada pertandingan leg kedua itu, Basel yang telah unggul 1-0 pada leg pertama, pada pertandingan leg kedua itu Basel mengawali keunggulan setelah lima menit melalui Fabian Schaer sebelum Mohamed Salah dan Marcelo Diaz menambahkan gol berikutnya.

Namun sebuah gol bunuh diri dari bek Schaer kembali membangkitkan Maccabi dan Eran Zahavi menambahkan gol bagi klub Israel itu pada delpan menit sebelum berakhir pertandingan babak pertama.

Pada babak kedua, Maccabi mampu menyamakan kedudukan lewat gol dari jarak 30 meter yang dicetak Maharan Radi. Namun Basel mampu menahan ketegangan mereka sehingga mampu meraih playoff untuk memastikan siapa yang akan berhak bergabung dengan klub-klub elit seperti Bayern Munich, Barcelona serta Manchester United di kompetisi bergengsi Eropa itu.

"Kami tidak bisa mengatakan bahwa start kami baik dengan tiga gol balasan itu, dan kemudian Maccabi bermain tanpa beban, kami telah memperkirakan pertandingan berlangsung keras," kata pelatih Basel Murat Yakin. (*/Reuters/DWA)

Pewarta:

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013