Kupang (Antara Bali) - Sekitar 400 wisatawan dari berbagai negara, akan bertolak menuju Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, pada Minggu (4/8) untuk menghadiri acara puncal Sail Komodo 2013 di wilayah paling barat Pulau Flores itu pada 14 September 2013.

"Pada Minggu (4/8) dini hari nanti, para peserta Sail Komodo 2013 yang berjumlah sekitar 400 orang, akan bertolak dari Pelabuhan Teluk Koepang, Kota Kupang, menuju Labuan Bajo," kata Kepala Bidang Promosi Wisata Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provnsi Nusa Tenggara Timur (NTT) HA Haris di Kupang, Sabtu.

Para wisatawan peserta Sail Komodo ini akan dilepas Menko Kesra Agung Laksono pada Sabtu (3/8) malam ini di Subasuka Paradise, dalam sebuah acara makan malam bersama.

Dia mengatakan, dalam pelayaran menuju Labuan Bajo nantinya, para peserta ini akan dibagi dalam dua rute pelayaran.

Pembagian menjadi dua rute pelayaran ini dengan tujuan agar para peserta dapat menyinggahi semua kabupaten di provinsi kepulauan itu, katanya.

Rute selatan akan melewati daratan Pulau Timor mulai dari Kabupaten Kupang, Timor Tengah Selatan, Timor Tengah Utara, Belu, Alor, Lembata, dan daratan Flores dan berakhir di Labuan Bajo.

Rute Utara yakni Kota Kupang, Rote Ndao, Sabu Raijua, daratan Sumba dan Labuan Bajo sebagai destinasi utama.

"Semua pelayaran ini akan berakhir di Labuan Bajo pada pertengahan September 2013. Para peserta akan menghadiri acara puncak Sail Komodo 2013 yang akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 14 September 2013," kata Haris. (LHS)

Pewarta: Oleh Bernadus Tokan

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013