Batam (Antara Bali) - Hotel berbintang dan melati di Kota Batam penuh saat Lebaran, mayoritas sudah dipesan oleh wisatawan manca negara asal Singapura yang menghabiskan libur panjang.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Batam Hanafi di Batam, Minggu, mengatakan wisman sudah memesan hampir seluruh kamar hotel di Batam saat Lebaran, 7 hingga 9 Agustus 2013.

"Tingkat hunian mencapai 90-95 persen," kata Hanafi. Menurut dia, peningkatan kunjungan wisman itu karena Lebaran bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Singapura, saat libur panjang warga Negara Jiran.

"Itu saat liburan warga Singapura, otomatis libur tiga hari," kata dia. Selain itu, banyak juga muslim Singapura yang memilih ber-Lebaran dan mengunjungi saudara serta kerabat yang tinggal di Batam.

Suasana dan perayaan Lebaran yang kental dengan unsur Islam dan budaya Melayu menjadi daya tarik tersendiri bagi muslim Singapura sehingga memilih merayakan hari raya di Batam.

Hal senada dikatakan Kepala Bidang Objek dan Sarana Wisata Dinas Pariwisata Kota Batam Rudi Panjaitan yang menyatakan tingkat hunian hotel saat Lebaran meningkat tajam.

"Dari sekarang, paket-paket liburan sudah banyak dipesan hotel-hotel sudah 'full booked'," kata dia. (*/DWA)

Pewarta: Oleh Jannatun Naim

Editor : Dewa Sudiarta Wiguna


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013