Jakarta (Antara Bali) - Ahli Gizi dan Peneliti Gizi Politeknik Kesehatan Jakarta Marudut mengatakan, asupan nutrisi yang tepat  selama menjalankan ibadah puasa dapat menjaga kebugaran tubuh.

"Kalau tubuh justru lemas selama berpuasa bahkan sampai mengganggu aktivitas berarti ada yang keliru pada nutrisi yang kita konsumsi," kata Marudut di Jakarta, Kamis.

Marudut mengatakan, perlunya mengkonsumsi nutrisi yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks (lengkap) sehingga gula yang dilepas di dalam tubuh bisa lebih lambat.

"Cara ini akan membuat kita tidak cepat lapar dan tubuh tetap mendapatkan energi sehingga tidak mengganggu dalam menjalankan kegiatan sehari-hari," kata Marudut.

Marudut mengatakan, tubuh memang mengalami perubahan metabolisme selama berpuasa untuk itu konsumsi makanan harus dilakukan secara bertahap.

"Makanan harus memiliki kandungan nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh, pemberian nutrisi yang tidak seimbang justru akan mengganggu kesehatan," kata Marudut.

Seperti diketahui selama menjalankan ibadah puasa seringkali kita tidak dapat menghindari untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, tetapi hal ini dapat diimbangi dengan mengkonsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayuran. (LHS)

Pewarta: Oleh Ganet Dirgantoro

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013