Mangapura (Antara Bali) - Bupati Badung Anak Agung Gde Agung menerima kiriman 200 pohon bibit nangkadak dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Mangapura, Kamis.

Bibit pohon nangkadak tersebut diserahkan langsung oleh utusan dari kepresidenan secara simbolis di lobi gedung kantor Bupati Badung.

Nantinya seluruh bibit pohon tersebut akan ditanam di seputaran lingkungan pemerintahan Kabupaten Badung agar bisa dipantau secara rutin.

Bibit nangkadak itu merupakan hasil pengembangan dari Ibu Negara Ani Yudoyono dengan memadukan antara Nangka dan Cempedak yang merupakan satu jenis tanaman dengan buah yang berbeda.

Hasil perkawinan kedua tanaman tersebut disebut nangkadak dengan nama latin Artocarpus heterophyllus X Artocarpus integer, sedangkan hasil buahnya lebih besar dari cempedak dengan isinya sekitar 10-15 biji.

Menurut dia, buah nangkadak tersebut jau lebih baik dibandingkan Nangka dan Cempedak.

Sebelumnya pemberian 200 bibit nangkadak tesebut merupakan janji Presiden Yudhoyono untuk mensukseskan program nusantara hijau.

"Memang sebelumnya Presiden SBY pernah berjanji untuk memberikan pohon hasil karya Ibu Negara dan saat ini janjinya sudah ditepati," ujarnya.  (WRA) 

Pewarta: Oleh Wira Suryantala

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013