Denpasar (Antara Bali) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah III Bali-Nusa Tenggara di Denpasar menyiapkan Rp5,45 triliun untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan uang kartal menjelang Lebaran 2013.
     
"Kami telah memproyeksikan kebutuhan uang kartal yang diperkirakan akan meningkat hampir 30 persen," kata Pemimpin Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah III Bali-Nusa Tenggara, Dwi Pranoto dalam keterangan persnya kepada wartawan di Denpasar, Kamis.
     
Menurut dia, penyediaan stok uang kartal tersebut melebihi ketersediaan pada tahun 2012 yang tercatat mencapai Rp4,45 triliun.
     
Dia menjelaskan bahwa peningkatan permintaan kebutuhan uang untuk tahun 2013 diprediksi mencapai Rp5,1 triliun pada periode Juni-Agustus, meningkat jika dibandingkan periode sama selama Bulan Suci Ramadhan tahun 2012 yang mencapai Rp3,93 triliun.
     
Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Provinsi NTB juga telah menyediakan uang tunai sebesar Rp1,29 triliun untuk mengantisipasi adanya lonjakan permintaan uang tunai.
     
Sedangkan di Provinsi NTT diperkirakan juga mengalami kecenderungan yang sama yakni meningkat sebesar 35,02 persen jika dibandingkan Lebaran tahun 2012 yang mencapai Rp679,18 miliar.
     
Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT telah menyediakan uang tunai sebesar Rp927,5 miliar untuk mengantisipasi lonjakan permintaan uang tunai. (DWA)

Pewarta: Oleh Dewa Wiguna

Editor : Nyoman Budhiana


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013