Musirawas (Antara Bali) - Kabut asap dari Provinsi Riau hingga saat ini belum menyelimuti wilayah Kabupaten Musirawas, meskipun ada kelihatan memutih berupa embun pagi.

Sedangkan selama kemarau akhir-ahkir ini belum ditemukan titik api dalam skala besar, terlebih daerah itu mulai diguyur hujan lebat, kata kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Musirawas Nawawi dihubungi, Sabtu.

Ia mengatakan, sebelumnya wilayah itu menjadi sumber asap dari wilayah sumsel karena pembakaran lahan perkebunan masyarakat dan perkebunan besar cukup luas.

Setelah perusahaan perkebunan besar di wilayah itu diperingatkan untuk tidak melakukan pembakaran hutan saat membuak areal kebun baru, maka sumber asap makin berkurang bahkan sangat minim.

Sedangkan lahan kebun masyarakat hingga saat ini tetap melakukan pembakaran, namun jumlahnya tidak luas sehingga tidak memproduksi asap berlebihan.

Para pengusaha perkebunan besar di wilayah itu saat ini membuka areal baru menggunakan alat berat dan limbah kayunya bisa dimanfaatkan untuk pupuk alami. (WRA)

Pewarta: Oleh Zulkifli Lubis

Editor : I Gede Wira Suryantala


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013