Samarinda (Antara Bali) - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Hatta Radjasa dijadwalkan membuka Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) VIII  pada 7 Juni 2013 di Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur.

"Peda KTNA itu akan dihadiri sekitar 2.500 petani, nelayan, dan peternak dari 14 kabupaten dan kota se-Kaltim. Acaranya dipusatkan di Stadion Madya Sempaja mulai 7 hingga 10 Juni," ucap Sekretaris Umum Panitia Peda KTNA VIII Kalimantan Timur, Purwanto di Samarinda, Kamis.

Purwanto yang mantan Kepala Dinas Pertanian Kalimantan Timur (Kaltim) ini melanjutkan, selain Hatta Radjasa, kemungkinan pejabat dari pusat yang akan menghadiri acara tersebut adalah Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan  Ketua KTNA Pusat Winarno Tohir.

Beberapa kegiatan yang akan digelar dalam Peda KTNA antara lain, gelar teknologi pertanian dengan tampilan teknologi baru, seminar dan diskusi, serta pameran pertanian dan  temu wicara antara petani nelayan dengan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak.

Digelarnya Peda KTNA ini juga untuk persiapan Pekan Nasional (Penas) KTNA yang akan digelar di Malang, Jawa Timur pada 2014.

Untuk itu, maka peserta terbaik pada Peda KTNA Kaltim akan berhak mewakili provinsi ini untuk mengikuti Penas KTNA di Malang.

Digelarnya Peda tersebut memiliki banyak tujuan, di antaranya menggali teknologi lokal sekaligus sebagai upaya untuk mengetahui kemampuan dan prakarsa terhadap pengembangan teknologi pertanian. (LHS)

Pewarta: Oleh M Ghofar

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013