Denpasar (Antara Bali) - Duta kesenian dari Timor Leste dijadwalkan turut memeriahkan Pawai Pembukaan Pesta Kesenian Bali ke-35 yang akan dilepas Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 15 Juni 2013 di Denpasar.

"Timor Leste merupakan negara pendatang baru yang kini ikut serta dalam perhelatan kesenian akbar tahunan di daerah kita," kata Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Ketut Suastika, di Denpasar, Minggu.

Ia mengemukakan dalam acara pelepasan pawai, pementasan yang ditampilkan akan menyesuaikan dengan tema PKB ke-35 yakni "Taksu, Membangkitkan Daya Kreatif dan Jati Diri".

"Tema ini sengaja kami angkat untuk mendorong para pegiat seni ataupun mereka yang memiliki keahlian seni supaya lebih mengembangkan kreativitasnya, tetapi tak terlepas dari karakter," ucapnya.

Menurut dia, partisipasi dari negara yang pernah bergabung dengan Indonesia itu tak hanya dalam pawai pembukaan, namun juga dalam salah satu pagelaran yang diadakan selama sebulan penuh Pesta Kesenian Bali (PKB).

"Timor Leste akan melengkapi penampilan dari beberapa negara asing lainnya yang sudah mengkonfirmasi akan turut berkesenian di PKB seperti Amerika Serikat, Prancis, India, Jepang dan korea," kata Suastika. (LHS)

Pewarta: Oleh Ni Luh Rhismawati

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013