Semarang (Antara Bali) - Perseroan Terbatas Pelabuhan Indonesia III menyiapkan tiga polder untuk mengatasi rob atau limpasan air laut yang sering melanda Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Jawa Tengah.

"Pembenahan sudah mulai dilakukan, dan kami akan bangun tiga polder," kata General Manager PT Pelindo III Terminal Peti Kemas Semarang Sumarzen Marzuki di Semarang, Sabtu. Ia menyatakan optimistis Pelabuhan Tanjung Emas Semarang bebas dari rob pada tahun 2014.

Pembenahan lain yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan di Pelabuhan Tanjung Emas, kata dia, antara lain, perluasan dermaga serta terusan yang terhubung ke laut atau "seaway" seluas 5,3 hektare.

Bahkan, lanjut dia, terminal peti kemas pelabuhan itu juga akan menambah jumlah "container crane" menjadi dua unit.

Ia menuturkan bahwa kapasitas terminal peti kemas Pelabuhan Tanjung Emas masih relatif sangat besar. Hingga saat ini, lanjut dia, baru setengah dari kapasitas total terminal sebesar 9.000 TEU's atau "Twenty Foot Equivalent Unit" yang terpakai.

Adapun untuk berbagai hal pendukung, seperti penanganan rob untuk akses masuk ke pelabuhan, dia meminta pemerintah daerah untuk mengupayakan penanganannya. (LHS)

Pewarta: Oleh I.C.Senjaya

Editor : Ni Luh Rhismawati


COPYRIGHT © ANTARA News Bali 2013